Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Kompor Listrik Vs Kompor Gas

Kompor Listrik Vs Kompor Gas, Mana yang Lebih Unggul?

Kompor Listrik Vs Kompor Gas, Mana yang Lebih Unggul? – Kompor adalah salah satu peralatan rumah tangga yang harus dimiliki di setiap rumah atau di tempat kos sekalipun. Saat membeli kompor, banyak orang mungkin bertanya-tanya apakah akan menggunakan kompor listrik atau kompor gas.

Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai perbedaan kompor listrik vs kompor gas supaya bisa menjadi bahan pertimbangan kalian untuk membeli kompor yang sesuai dengan kebutuhan. Simak informasi kompor listrik vs kompor gas dibawah ini ya!

Perbedaan kompor listrik vs kompor gas

Kompor Listrik

Pada dasarnya kompor listrik terdiri dari dua komponen yaitu permukaan kompor yang pada umumnya terbuat dari kaca atau keramik, dan bagian pemanasnya yang terletak di dalam kompor listrik atau terbuka di luar permukaan.

Ketika alat masak seperti panci diletakkan di atasnya, energi dipindahkan secara konduksi. Panas dari kompor listrik akan diterima oleh peralatan masak, yang selanjutnya akan mematangkan makanan.

Keunggulan Kompor Listrik

1. Lebih Aman Daripada Gas

Kompor listrik tidak menggunakan gas sehingga tidak perlu khawatir terjadi kebocoran gas di rumah yang sangat berbahaya. Selain itu, energi panas yang dihasilkan terkonsentrasi hanya pada kompor, sehingga meskipun kamu memiliki dapur kecil, kamu tidak perlu khawatir ruangan menjadi panas dan tidak nyaman saat memasak.

2. Mudah Digunakan dan Dibersihkan

Kompor listrik mudah digunakan dan dipasang. Karena sumber listriknya sama dengan peralatan rumah tangga lainnya, cukup sambungkan kabel dan colokan kompor listrik ke aliran listrik rumah. Selain itu, permukaan oven yang rata membuatnya mudah dibersihkan dengan lap tanpa memindahkan komponen kompor.

3. Panas Lebih Tahan Lama

Setelah kompor listrik dimatikan, makanan tetap hangat untuk sementara waktu sehingga makanan yang sudah jadi tidak cepat dingin dan mempertahankan tekstur dan rasanya.

Kekurangan Kompor Listrik

1. Lebih Mahal Daripada Kompor Gas

Karena kompor gas lebih banyak digunakan, ada banyak komponen di pasaran yang berkontribusi pada keselamatan, dan masyarakat umum memahami penggunaan dan pemasangannya. Contohnya regulator gas terbaik milik Gascomp yang dilengkapi dengan SAFETY BALL yang berfungsi sebagai pengaman dari kebocoran selang dan kompor.

Sedangkan kompor listrik yang ada di pasaran biasanya hanya memiliki satu atau dua permukaan, yang tidak cukup untuk digunakan di rumah.

2. Sisa Panas Dapat Menimbulkan Bahaya

Karena energi panas tetap ada bahkan setelah kompor dimatikan, hal ini bisa menjadi bahaya jika kompor tersentuh secara tidak disengaja, khususnya anak-anak yang berisiko jika menyentuh permukaan kompor listrik setelah digunakan.

3. Tagihan Listrik Bertambah

Kompor listrik juga membutuhkan waktu untuk panas setelah dinyalakan, hal itu membuat listrik terbuang sia-sia dalam proses menunggu ini. Selain itu, kompor listrik pada umumnya tentu membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi, karena fungsinya yang lumayan besar. Kompor listrik biasanya membutuhkan daya 2.200 watt.

Baca Juga : Kelebihan Kompor Gas, Ketahui Sebelum Membeli

Kompor Gas

Kompor gas adalah pengapian modern yang menggunakan tabung gas LPG sebagai bahan bakarnya. Untuk menggunakan kompor gas, kamu memerlukan selang kompor dan regulator. Berikut keunggulan dan kekurangannya.

Keunggulan Kompor Gas

  1. Lebih praktis dengan tabung gas yang bisa dipakai berkali-kali.
  2. Kompor gas mudah dioperasikan dan dapat diatur sesuai dengan besar api yang dibutuhkan
  3. Beragam jenis kompor gas mulai dari model tanam, kompor portabel, kompor freestanding hingga kompor komersial
  4. Dapat digunakan di dalam ruangan dan di luar ruangan
  5. Beberapa kompor gas memiliki fitur terbaik seperti pengatur waktu, oven, dan pemanggang
  6. Penawaran harga terbaik, dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah
  7. Mudah dibersihkan dan digunakan

Kekurangan Kompor Gas

  1. Ada risiko ledakan pada kompor gas karena penggunaan yang tidak hati-hati.
  2. Untuk kompor gas tanam, harus ditanamkan pada meja dapur sehingga tidak dapat dipindahkan dengan bebas.
  3. Harga tabung gas yang berubah-ubah, ketika gas sedang langka, maka harganya lebih mahal dari biasanya dan mengganti tabung gas pun menjadi lebih sulit.

Pada akhirnya, pemilihan perlengkapan dapur tentunya selalu disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kompor listrik memiliki beberapa keunggulan dalam hal desain dan penggunaan, sedangkan kompor gas memiliki keunggulan dari segi harga dan umum digunakan di rumah maupun usaha.

Baca Juga : Jenis Kompor Gas, Kenali Supaya Tidak Salah Pilih!

Setelah membaca artikel mengenai kompor listrik vs kompor gas, kompor mana yang akan kamu pilih? Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com.