Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menghemat Gas Elpiji 3 Kg

Cara Menghemat Gas Elpiji 3 Kg – Sebagian besar masyarakat Indonesia kini beralih menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk berbagai keperluan memasak. Gas yang digunakan saat ini biasa dikenal dengan istilah Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau gas elpiji.

Saat ini, ada empat jenis tabung gas LPG yaitu gas LPG berukuran 3kg, LPG 12kg, bright gas, dan juga gas elpiji ease. Karena kurangnya volume pemakaian yang tidak jelas, kamu tanpa sadar mengkonsumsi dan membuang gas dengan cara yang tidak efisien. Nah, bagi kamu yang sering mengalaminya, berikut beberapa cara menghemat gas elpiji 3 kg yang bisa kamu coba di rumah.

8 Cara Menghemat Gas Elpiji 3 Kg Agar Tidak Cepat Boros

1. Membersihkan Kompor Gas

Cara menghemat gas elpiji 3 kg yang pertama, sebaiknya biasakan membersihkan kompor gas secara rutin agar saluran gas tetap bersih. Jika kamu memasak menggunakan kompor gas, sebaiknya dibersihkan secara teratur.

Kamu bisa membersihkan kotoran yang menempel di kompor dan saluran gas saat memasak. Jika saluran gas kotor, maka nyala api tidak akan biru. Nyala api yang tidak berwarna biru menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan tidak maksimal sehingga gas yang dikeluarkan lebih banyak. Kamu bisa membersihkan area sekitar kompor secara rutin, minimal 4 bulan sekali.

2. Gunakan Selang Gas LPG Dalam Kondisi Baik

Cara menghemat gas elpiji 3 kg selanjutnya yaitu menggunakan selang gas dalam kondisi baik untuk meminimalkan kebocoran gas. Tidak hanya kebersihan kompor dan saluran gas, kamu perlu memperhatikan juga kondisi selang gas.

Pastikan selang LPG dalam kondisi baik untuk meminimalkan kebocoran gas. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa apakah selang yang kamu gunakan memiliki tekanan hingga 500 psi, Karena jika tidak mencapai tekanan tersebut, selang bisa cepat kendur.

3. Melepas Regulator Gas

Cara menghemat gas elpiji 3 kg berikutnya adalah melepas regulator gas. Jika kamu akan bepergian selama beberapa hari, jangan lupa untuk memeriksa kondisi kompor dan gas LPG. Melepas regulator gas bisa menghemat gas dan meminimalkan risiko kebocoran gas. Pastikan juga kamu menggunakan regulator gas terbaik dari Gascomp yang sudah standar SNI.

4. Menggunakan Alat Masak Berbahan Stainless steel

Cara menghemat gas elpiji 3 kg lainnya yaitu dengan menggunakan peralatan masak stainless steel supaya bahan masakan lebih cepat matang. Saat ini banyak sekali peralatan memasak seperti panci dan wajan, mulai dari lapisan teflon, stainless steel, alumunium, keramik, dan kaca.

Semua lapisan tersebut bisa digunakan untuk memasak, namun jika ingin menghemat gas elpiji di rumah, kamu dapat menggunakan lapisan stainless steel. Jenis bahan stainless steel dikenal sebagai penghantar panas yang baik, sehingga makanan menjadi lebih cepat matang dan menghemat penggunaan gas elpiji.

5. Pilih Alat Masak Yang Sesuai Dengan Porsi Masakan

Cara lain untuk menghemat gas LPG adalah dengan memilih peralatan masak yang sesuai dengan jumlah makanan yang akan dimasak. Misalnya, jika kamu hanya ingin membuat makanan dua porsi, kamu harus menggunakan panci atau wajan yang sesuai dengan takaran.

Karena panci atau wajan yang lebih besar membutuhkan waktu lebih lama untuk panas sehingga akan membuang lebih banyak gas. Terlebih lagi jika kamu sudah menghemat uang dengan memasak makanan sendiri akan merasa sia-sia karena gasnya lebih cepat habis.

Baca Juga : Jenis Burner Kompor Gas, Begini Cara Tepat Memilihnya

6. Alat Masak Dalam Kondisi Kering

Cara lain untuk menghemat gas LPG adalah dengan menjaga peralatan masak tetap kering. Pastikan peralatan yang kamu gunakan sudah kering sebelum memulai kegiatan memasak.

Peralatan masak yang memiliki tetesan air di atasnya akan memungkinkan lebih banyak gas keluar untuk mengubah tetesan air menjadi uap. Solusinya adalah kamu bisa mengeringkannya dengan kain terlebih dahulu agar tidak membuang-buang gas untuk hal yang tidak penting.

7. Menerapkan Manajemen Memasak

Kamu perlu belajar manajemen memasak sekaligus mengurus peralatan masak dan kompor gas. Manajemen memasak memungkinkan kamu menggunakan gas dengan lebih efisien dan menyelesaikan kegiatan memasak lebih cepat.

Sebelum memasak, kamu bisa menyiapkan bahan makanan untuk dimasak terlebih dahulu. Setelah itu tentukan urutan masakan sesuai dengan menu yang ingin dibuat. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir penggunaan gas berlebih akibat kurang persiapan, sehingga kamu terburu-buru saat memasukkan bahan.

Selain itu, jika ingin memasak daging yang cukup tebal, gunakan panci presto untuk melunakkan daging lebih cepat dan menghindari penggunaan gas yang terlalu banyak saat memasak.

Baca Juga : 9 Cara Membersihkan Peralatan Dapur

8. Manfaatkan Tutup Panci Saat Merebus

Cara menghemat gas elpiji 3 kg yang terakhir, kamu bisa memanfaatkan tutup panci ketika kamu merebus masakan, hal tersebut bertujuan supaya masakan yang kamu buat lebih cepat matang.

Selain menghemat penggunaan gas, memanfaatkan tutup panci saat merebus makanan juga dapat menjaga kandungan gizi makanan. Sehingga tubuh kita mendapatkan nutrisi yang lebih baik. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com