Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

9 Cara Membersihkan Peralatan Dapur

9 Cara Membersihkan Peralatan Dapur – Memiliki dapur yang bersih dengan peralatan yang mengkilat tentunya membuat aktivitas di dapur menjadi lebih menyenangkan. Dapur seringkali terlihat berantakan, kotor, dan kumuh karena tidak semua orang bisa membersihkan peralatan dapurnya dengan baik. Lantas, bagaimana cara membersihkan peralatan dapur yang benar?

Cara Membersihkan Peralatan Dapur

Sebenarnya, membersihkan peralatan dapur tidaklah sulit, namun kebanyakan orang tidak memiliki waktu atau bahkan menundanya. Jika kamu tidak punya waktu, bersihkan peralatan dapur kamu sebentar saja.

Kamu tidak harus menyelesaikan semuanya sekaligus. Selesaikan satu per satu beberapa alat yang menurut kamu sering digunakan. Berikut beberapa cara membersihkan peralatan dapur yang bisa kamu coba agar dapur kamu terasa lebih bersih, wangi dan tertata.

1. Membersihkan Talenan

Talenan merupakan peralatan yang sering digunakan sebagai alas untuk memotong berbagai jenis bahan makanan, seperti sayuran, bumbu dapur, dan daging. Jika kamu tidak membersihkan talenan, noda dan kotoran yang sulit dihilangkan akan tetap ada.

Jika talenan kamu sangat kotor, bersihkan dengan baking soda. Campurkan 3-4 sendok makan baking soda, 1-2 sendok makan hydrogen peroksida, dan 1 sendok makan detergen. Oleskan pada bagian noda membandel, dan biarkan saja selama beberapa jam ataupun semalaman. Jika telah selesai, bilas hingga bersih. Pastikan tidak ada noda membandel yang tertinggal.

2. Membersihkan Microwave

Membersihkan microwave memang mudah, tapi banyak orang yang malas. Cukup tuangkan 1 cangkir air dan 2-4 lemon ke dalam wadah microwave. Setelah dimasukkan ke dalam wadah, nyalakan microwave selama 5 menit dan keluarkan wadah/mangkuknya.

Kemudian kamu dapat membersihkan bagian dalam microwave dengan kain. Selain itu, jangan lupa melepas meja putar dan membersihkannya dengan sabun atau detergen.

3. Membersihkan Panci atau Penggorengan

Cara membersihkan peralatan dapur panci dan penggorengan. Periksa bagian bawah penggorengan atau panci. Apakah terlihat berkerak dan hitam. Cara membersihkannya sangat mudah, cukup campurkan air dan baking soda secukupnya lalu oleskan campuran tersebut secara merata pada bagian yang berkerak. Setelah itu diamkan sebentar dan cuci hingga bersih.

4. Membersihkan Rice Cooker

Agar panci rice cooker tetap awet dan bisa terus digunakan, ada baiknya merendam panci dalam air hangat setiap selesai digunakan. Cara membersihkan peralatan dapur rice cooker menggunakan kain dan sabun atau cairan pencuci piring. Setelah bersih, keringkan dengan lap kering.

5. Membersihkan Blender

Blender merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membuat jus, selain itu juga dapat digunakan untuk menggiling bumbu. Cara membersihkan peralatan dapur ini yaitu dengan memasukkan cairan atau sabun cuci piring dan tambahkan 1/2 cangkir air hangat ke dalam blender.

Nyalakan blender dengan kecepatan rendah selama 1 menit hingga gelas blender berbusa. Buang airnya dan bilas hingga bersih. Jika kamu ingin membersihkan pisau blender, kamu bisa menggunakan campuran sabun dan air panas. Gosok perlahan dengan spons untuk mengangkat kotoran.

Baca Juga : Cara Menghemat Gas Elpiji 3 Kg

6. Membersihkan Kompor Gas

Jika kamu tidak membersihkan kompor gas, biasanya kompor akan berminyak. Mengingat kompor digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan, tentunya kompor tersebut harus higienis. Untuk membersihkan komponen ringnya, rendam dalam sabun cuci piring.

Gunakan air hangat jika ingin merendam ring kompor. Sikat untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang membandel, lalu bilas dan keringkan ring. Kamu dapat membersihkan permukaan kompor dengan kain lembab atau kering.

7. Membersihkan Kulkas atau Lemari Es

Salah satu masalah paling umum dengan lemari es yang kotor adalah bau yang tidak sedap. Bahan makanan tidak boleh dibiarkan membusuk di lemari es, dan harus dibuang jika sudah busuk dan tidak bisa diolah.

Oleh karena itu perlu dibersihkan secara teratur, jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan kulkas cepat rusak. Cara membersihkan peralatan dapur yang satu ini yaitu dengan melepas semua rak, selanjutnya cuci dengan sabun cuci piring hingga bersih, lalu keringkan. Semprotkan antibakteri khusus untuk lemari es dan lap dengan kain kering lalu bersihkan.

8. Membersihkan Bak Pencuci Piring

Wastafel tempat kamu mencuci piring sebenarnya berminyak, kotor, dan tidak sedap dipandang karena terdapatnya noda membandel. Cara membersihkan peralatan dapur ini, kamu bisa langsung mengambil sikat/spons dan membersihkan wastafel dengan cairan pembersih khusus atau pencuci piring. Supaya lebih mengkilap, gosok dengan spons dan cuka putih serta campuran air. Bilas dan keringkan dengan kain.

Baca Juga : Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala, Ini Dia Penyebabnya!

9. Membersihkan Parutan

Bisa dibilang membersihkan parutan ini sulit karena lumayan merepotkan. Selain itu, karena sudutnya tajam, sering kali kita terluka saat membersihkannya. Apalagi setelah digunakan untuk memarut bahan makanan seperti cokelat batangan. Tentu saja hal itu sangat merepotkan untuk membersihkannya. Jadi, cara membersihkan peralatan dapur ini hanyalah menyiapkan sikat gigi untuk menghilangkan sisa parutan yang menempel.

Itulah beberapa cara membersihkan peralatan dapur yang bisa kamu coba, cukup mudah bukan? Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com