Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala, Ini Dia Penyebabnya!

Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala, Ini Dia Penyebabnya! – Kompor gas di rumah kamu tiba-tiba tidak bisa dinyalakan karena suatu hal. Namun, jika kamu mengetahui kenapa kompor gas tidak mau menyala, kamu tidak perlu khawatir. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menemukan solusi yang tepat agar kompor kamu berfungsi kembali.

Kompor gas yang sudah lama tidak digunakan tentunya berbeda kualitasnya dengan kompor gas yang masih baru. Ada banyak penyebab kenapa kompor gas tidak mau menyala. Berikut beberapa penyebab kompor gas tidak menyala dan cara memperbaikinya.

Bingung Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala? Ini Cara Mengatasinya!

1. Saluran Kompor Tersumbat

Sesudah memasang gas, api pada kompor gas sering kali tidak bisa menyala. Hal ini biasanya karena aliran gas dari tabung LPG ke kompor tersumbat. Penyebab kenapa kompor gas tidak mau menyala mungkin selang dan regulator kompor yang rusak. Oleh karena itu, gunakan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI dan kompor gas berkualitas di Gascompsuperlock.com

Untuk mengatasinya, atur kembali pemasangan regulator selang kompor dan pastikan tertutup rapat untuk mencegah kebocoran. Gunakan karet supaya pemasangan regulator ke ujung gas bisa lebih kuat dan rapat.

2. Terdapat Kerak

Kompor gas yang kotor, terutama di area tungku bisa menjadi penyebab utama kenapa kompor gas tidak mau menyala, hal ini karena adanya penyumbatan oleh kerak yang membandel. Oleh karena itu kompor harus dibersihkan dari kotoran dan kerak supaya api dapat menyala dengan sempurna.

3. Kompor Lembab dan Terkena Air

Lawan dari air adalah api. Jadi jika kamu tidak sengaja memercikkan air ke atas kompor, otomatis api akan padam. Saat dihidupkan kembali, maka kompor akan sulit menyala karena sisa air di kompor masih ada. Solusinya, simpan kompor di tempat yang kering dan berventilasi baik.

4. Gas Habis

Penyebab kenapa kompor gas tidak mau menyala selanjutnya yaitu gas yang sedang kamu gunakan sudah habis. Kompor gas akan otomatis tidak bisa menyala tanpa sumber bahan bakar. Solusi dalam hal ini adalah membeli tabung LPG baru sebagai penggantinya.

Periksa regulator untuk melihat apakah gas sudah habis. Saat jarum kompas menunjukan warna merah, artinya kamu kehabisan gas. Namun, jika jarum kompas pada regulator yang kamu gunakan rusak, kamu dapat mengeceknya dengan memeriksa apakah ada bunyi desis pada regulator kompor gas

Baca Juga : 9 Cara Membersihkan Peralatan Dapur

5. Regulator Bermasalah

Regulator adalah komponen penting yang harus ada untuk menghubungkan selang, kompor, dan tabung LPG. Jika ada masalah pada regulator, maka secara otomatis akan memutus aliran gas ke kompor sehingga menjadi penyebab kenapa kompor gas tidak mau menyala.

Hal tersebut sering disebabkan oleh bola-bola gotri yang menghalangi lubang ventilator gas. Coba ketuk bagian atas regulator beberapa kali supaya posisi gotri dapat dibenarkan kembali.

6. Selang Bocor

Selang merupakan bagian yang menyalurkan gas dari tabung elpiji ke kompor. Jika selang bocor, gas di dalam tabung otomatis akan berhenti mengalir ke kompor. Kamu dapat mengeceknya dengan cara mengendus apakah ada bau gas yang menyengat atau tidak. Jika kamu mengendus ada bau gas yang menyengat dari dapur, mungkin saja ada kebocoran pada bagian selang. Segera ganti dengan selang yang baru.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Kompor Gas Apinya Kecil

Beberapa penyebab kenapa kompor gas tidak mau menyala sangat mudah untuk diatasi. Hal terpenting saat kompor kamu tidak mau menyala adalah mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com