Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

5 Cara Memperbaiki Kompor Gas Apinya Kecil

5 Cara Memperbaiki Kompor Gas Apinya Kecil – Kompor merupakan komponen penting dan akan menjadi masalah jika terdapat kerusakan, termasuk masalah pada kompor gas yang apinya kecil sehingga akan mengganggu aktivitas kamu saat memasak.

Cara memperbaiki kompor gas apinya kecil sebenarnya cukup sederhana. Namun, akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab kompor gas apinya kecil. Terdapat lima penyebab kompor gas apinya kecil, berikut penjelasannya.

Lima penyebabnya yaitu corong api yang kotor, tungku kompor tertutup kerak, terdapat kendala pada katup gas, selang tersumbat kotoran, dan pemantik api yang kotor. Berikut lima cara memperbaiki kompor gas apinya kecil.

Cara Memperbaiki Kompor Gas Apinya Kecil

1. Bersihkan Corong Api

Cara memperbaiki kompor gas apinya kecil yang pertama yaitu rajin membersihkan corong api. Sering-seringlah membersihkan kerak pada corong api kompor supaya tidak tersumbat lagi. Kerak dapat dibersihkan dengan baking soda dan lemon atau jeruk nipis supaya kotoran atau kerak lebih mudah terangkat.

2. Bersihkan Tungku Kompor

Menjaga kebersihan kompor merupakan hal yang harus dilakukan karena tungku kompor merupakan komponen penting yang menjadi pusat di mana api dapat menyala. Tungku kompor yang kotor dan berkerak juga bisa menjadi penyebab api pada kompor gas menjadi kecil.

Baca Juga : Kenapa Kompor Gas Tidak Mau Menyala, Ini Dia Penyebabnya!

3. Bersihkan Katup Gas

Cara memperbaiki kompor gas apinya kecil selanjutnya adalah dengan membersihkan katup gasnya. Katup gas adalah bagian penting pada kompor yang menghubungkan tabung gas dengan kompor. Untuk masalah ini, serahkan kepada ahlinya karena dapat menyebabkan kebakaran jika dilakukan dengan cara yang salah.

4. Bersihkan Selang

Selang yang kotor akan menghambat aliran gas dari tabung ke tungku. Membersihkan selang juga harus diserahkan kepada ahlinya di bidang perbaikan kompor gas.

5. Bersihkan Pemantik Api

Cara memperbaiki kompor gas apinya kecil yang terakhir yaitu dengan membersihkan pemantik api. Pemantik pada kompor gas dapat dibersihkan dengan mengelap atau mencuci bagian bagian yang kotor pada kompor.

Baca Juga : Ciri Regulator Gas Rusak yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah beberapa cara memperbaiki kompor gas apinya kecil yang bisa kamu lakukan di rumah, semoga informasi diatas bermanfaat. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com