Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Knop Kompor Gas Patah, Ini Cara Mengatasinya!

Knop Kompor Gas Patah, Ini Cara Mengatasinya! – Kamu pasti memerlukan kompor gas untuk memasak makanan dan minuman setiap hari. Walaupun sekarang sudah tersedia kompor listrik dan kompor induksi, namun kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih kompor gas yang dianggap lebih hemat energi dan biaya.

Biasanya kompor gas dilengkapi dengan knop pemutar khusus yang memudahkan untuk menyalakan atau mematikan api di bagian tungku. Caranya yaitu kamu hanya memutar knop tersebut, lalu apinya akan menyala atau padam sesuai yang kamu inginkan.

Lalu bagaimana jika knop on/off pada kompor gas kamu tidak bisa di putar sama sekali? dan kamu sudah berusaha memutarnya, namun knopnya sangat keras sehingga sulit untuk di putar.

Apabila kamu ingin mencoba memutar knop ini sekuat tenaga, bisa mengakibatkan knop kompor gas patah. Akhirnya, kamu pun tidak tahu harus berbuat apa untuk menyelesaikan masalahnya ini. Bagaimanakah solusi yang benar untuk mengatasinya? maka, carilah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini.

Terdapat tiga solusi yang tepat dalam mengatasi masalah knop kompor gas yang aus atau macet agar tidak mengakibatkan knop kompor gas patah. Cobalah cara jitu di bawah ini!

Jangan Sampai Knop Kompor Gas Patah, Ini Solusinya

1. Bersihkan Knop Kompor Gas

Knop kompor gas yang macet bisa disebabkan dari kotoran yang menumpuk. Kotoran yang menempel akan membuat kamu tidak bisa memutar knop. Selain karat, minyak yang membandel di sekitar knop akan menyebabkan knop sulit untuk di putar.

Pemicunya karena kamu malas membersihkan kompor tersebut. Awalnya kotoran sedikit, tapi sedikit demi sedikit kotoran ini menjadi tumpukan yang akan menyebabkan knop sulit untuk diputar dan mengakibatkan knop kompor gas patah.

Cara untuk mengatasinya adalah membersihkan tumpukan kotoran dengan air panas. Kemudian kamu harus menyikat beberapa kali hingga kotoran tersebut benar-benar hilang. Dan cobalah untuk memutarnya kembali.

Baca Juga : Ciri Regulator Gas Rusak yang Perlu Kamu Ketahui

2. Lumasi Knop Menggunakan Minyak

Hal lain yang membuat knop kompor gas macet adalah terdapatnya karat di sekelilingnya, karena bahan utama knop terbuat dari besi. Karat di sekitar knop ini memiliki sifat seperti lem yang membuatnya tidak dapat berputar sama sekali, apabila kamu paksakan untuk memutarnya maka akan mengakibatkan knop kompor gas patah.

Untuk membersihkannya, kamu perlu menggosoknya menggunakan sikat dengan bulu yang kasar. Sikat knop berulang kali hingga lapisan karat menghilang. Setelah itu, keringkan dengan kain. Selanjutnya, kamu dapat melumuri knop tersebut dengan minyak supaya knop kompor dapat diputar kembali.

3. Ganti Pelatuk Knop yang Rusak

Kamu perlu memahami bahwa knop kompor gas bukan sekadar tombol pemutar yang menempel di body kerangka saja. Namun, tombol ini memiliki komponen lain untuk mendukungnya. Salah satu komponennya berupa pelatuk yang mempunyai kegunaan untuk mengatur pegas seperti mengendurkan ataupun menegangkan per tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Pemantik Kompor Gas

Jika pelatuk ini rusak akan menyebabkan pegas tidak dapat melonggarkan atau mengencangkannya dengan benar. Apabila pegas tidak dapat dilonggarkan, knop di sisi luar tidak akan dapat berputar. Solusi untuk masalah ini adalah membongkar knopnya. Kemudian ganti pelatuk knop yang rusak dengan yang baru. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com