Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

5 Cara Memperbaiki Pemantik Kompor Gas

5 Cara Memperbaiki Pemantik Kompor Gas – Dengan adanya kompor gas sangat membantu kegiatan memasak menjadi lebih praktis, sehingga kamu tidak perlu lagi menyalakan kayu bakar yang membutuhkan waktu, keterampilan dan tentunya sangat merepotkan.

Bandingkanlah dengan kompor gas dimana api langsung menyala hanya dengan memutar knop ke posisi on. Bahkan kita dapat dengan mudah mengatur besar kecilnya nyala api dengan bebas.

Kompor gas memiliki pemantik api sehingga kamu tidak perlu korek api untuk menyalakannya. Pemantik api ini bersifat elektronik dan menghasilkan percikan api saat kamu memutar knop.

Terkadang pemantik api ini tidak mau menghasilkan bunga api walaupun kamu sudah memutar knop kompor gas berkali-kali. Akibatnya, api pada kompor gas tidak bisa menyala. Solusi sementara adalah menggunakan korek api.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pemantik api tidak menyala, antara lain:

  1. Pemantik terkena sinar matahari
  2. Kabel pemantik terlepas/terputus
  3. Saluran pemantik terhambat kerak
  4. Ujung pemantik kotor
  5. Baterai pemantik telah habis
  6. Posisi pemantik api bergeser
  7. Pemantik sudah aus atau rusak

Ternyata sangat mudah untuk mengatasi masalah pemantik api kompor gas yang tidak mau hidup. Di bawah ini adalah cara memperbaiki pemantik kompor gas yang bisa kamu coba!

Cara Memperbaiki Pemantik Kompor Gas yang Tidak Mau Menyala

1. Perbaiki Kabel yang Terlepas/Terputus

Cara memperbaiki pemantik kompor gas yang pertama adalah memperbaiki kabel yang terlepas atau terputus. Pemantik api kompor dilengkapi dengan kabel yang berfungsi untuk menghantarkan listrik dari baterai sebagai sumber tenaganya.

Namun, bagian kabel kompor gas hanya berada di bagian dalam badan kompor. Kabel tersebut tidak ditempatkan di lokasi khusus. Hal ini membuat kabel mudah putus atau lepas jika kamu memindahkan atau mencoba menggeser kompor gas. Solusinya kabel pemantik harus dipasang kembali di tempat yang benar.

2. Ampelas Ujung Pemantik yang Kotor

Cara memperbaiki pemantik kompor gas selanjutnya yaitu ampelas ujung pemantik yang kotor. Pada dasarnya prinsip kerja pemantik api kompor gas mirip dengan prinsip kerja busi sepeda motor. Ujung pemantik api harus bersih dan bebas dari kotoran supaya dapat menghasilkan percikan bunga api.

Jika kondisi pemantik api ini kotor, pasti kompor tidak dapat menghasilkan percikan bunga api. Paling sering kotoran ini berasal dari kompor gas yang tidak dibersihkan dengan benar, kotoran hewan atau serangga, atau noda masakan. Solusinya yaitu dengan membersihkan ujung pemantik api yang kotor dengan cara mengampelasnya beberapa kali.

3. Sesuaikan Posisi Pemantik Api dan Jalur Gas

Cara memperbaiki pemantik kompor gas berikutnya adalah mengatur posisi pemantik api dan jalur gas. Jika kamu mencoba menyalakan kompor gas dan apinya tidak mau menyala padahal pemantiknya masih dapat bekerja. Penyebab yang paling sering terjadi adalah posisi yang salah antara pemantik api dan jalur gas.

Akibatnya tidak terjadinya proses pembakaran karena bunga api tidak dapat bertemu dengan gas sebagai bahan bakar. Kamu perlu mengubah posisi pemantik kompor gas dan jalur gas. Coba pindahkan sedikit lebih dekat posisi pemantik api dengan jalur gas.

Baca Juga : Knop Kompor Gas Patah, Ini Cara Mengatasinya!

4. Pasang Baterai yang Baru ke Pemantik

Salah satu cara memperbaiki pemantik kompor gas yaitu dengan mengganti baterai pemantik dengan yang baru. Tetapi banyak pengguna tidak menyadari hal tersebut. Pada kenyataannya komponen ini menggunakan baterai untuk menunjang kinerjanya.

Baterai ini menghasilkan energi listrik yang digunakan pemantik untuk menghasilkan percikan bunga api. Saat bunga api bertemu dengan gas, maka akan menciptakan nyala api pada kompor. Namun, setelah kapasitas energi baterai sudah habis, maka pemantik api tidak dapat menghasilkan bunga api.

5. Gantilah Pemantik yang Telah Rusak

Jika kamu telah mencoba semua cara memperbaiki pemantik kompor gas di atas dan masih belum berhasil, kemungkinan pemantik api pada kompor gas kamu rusak.

Baca Juga : Cara Menyalakan Kompor Gas Yang Aman

Ada banyak penyebab pemantik menjadi rusak, mulai dari kompor gas yang sering terkena sinar matahari langsung yang membuat magnet pemantik api melemah, pemantik api yang konslet, pemantik api yang sudah aus, dan pemantik api yang sudah habis masa pakainya. Tidak ada solusi selain mengganti pemantik api yang rusak. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com