Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menyalakan Kompor Gas Yang Aman

Cara Menyalakan Kompor Gas Yang Aman – Dengan hadirnya kompor gas, memasak di dapur menjadi lebih nyaman, gampang dan menyenangkan. Terlebih lagi, muncul berbagai kompor gas dengan ciri khasnya tersendiri.

Masing-masing merk kompor gas mempunyai kegunaan yang sama, walaupun kinerjanya yang berbeda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jenis kompor gas yang berbeda memiliki cara operasional yang berbeda pula.

Cara Menyalakan Kompor Gas Yang Perlu Diperhatikan

Sama seperti model kompor gas lainnya, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan cara menyalakan kompor gas yang benar sebagai berikut:

  • Simpan kompor di tempat aman yang tidak lembab atau basah, hindari dari suhu tinggi atau sinar matahari langsung
  • Periksa kondisi kompor dan komponen pendukung lainnya
  • Biasakan diri kamu dengan memahami petunjuk cara menyalakan kompor gas sebelum menggunakannya
  • Sediakan peralatan dapur yang ingin digunakan di dekat tungku kompor sebelum menyalakan kompor. Sehingga, saat api dinyalakan, langsung tertuju ke peralatan dapur

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan apa saja yang terkait dalam penggunaan kompor gas. Berikut beberapa tata cara menyalakan kompor gas secara lebih detail.

1. Cara Menyalakan Kompor Gas Top Plate dan Kompor Tanam

Kompor gas top plate adalah salah satu kompor yang paling di minati oleh konsumen. Begitu pun juga dengan kompor gas tanam. Kedua jenis kompor gas tersebut memiliki cara penggunaan yang sama, walaupun berbeda modelnya. Menggunakan kompor gas tanam sangatlah mudah dan kamu dapat memulai dengan:

  1. Periksa keadaan kompor, tabung gas dan selang regulator sebelum dipakai
  2. Letakkan peralatan masak di atas kompor
  3. Putar knop dengan perlahan untuk menyesuaikan tingkat panas sesuai kebutuhan
  4. Saat kompor sudah tidak digunakan, segera matikan

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Pemantik Kompor Gas

2. Cara Menyalakan Kompor Gas Portable

Kompor gas portable atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan kompor gas outdoor. Kompor ini memiliki desain yang lebih sederhana dan ringkas. Memanfaatkan gas butane atau gas kaleng yang membuatnya lebih minimalis dan praktis. Hal ini tentunya memudahkan penggunanya saat menggunakan kompor gas portabel. Berikut cara menyalakan kompor gas portable:

  • Parhatikan tabung gas apakah sudah terpasang dengan benar
  • Carilah area terbuka yang aman untuk menggunakan kompor portabel. Seperti permukaan yang datar, tidak basah, tidak panas, tidak terkena angin
  • Sediakan peralatan masak di atas tungku kompor
  • Putar knop kompor dengan perlahan untuk menyalakan api
  • Jika kompor sudah tidak digunakan, Matikan kompor
  • Pastikan kompor tidak panas sebelum menyimpannya di dalam kotak

Pada dasarnya menggunakan kompor gas sangatlah mudah, walaupun prosedur pengoperasian masing-masing kompor gas tidak sama. Akan tetapi, berbagai macam kompor gas yang ada dapat digunakan dengan mudah.

Baca Juga : 4 Cara Kerja Regulator Gas

Itulah beberapa cara menyalakan kompor gas yang bisa kamu jadikan referensi. Apapun model kompor dapur yang kamu butuhkan, kamu bisa menemukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com