Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

4 Cara Kerja Regulator Gas

4 Cara Kerja Regulator Gas – Regulator mempunyai peran penting dalam penggunaan kompor gas. Regulator berfungsi sebagai pengatur gas yang masuk dan keluar dari dalam tabung menuju kompor. Posisi regulator berada pada sambungan gas yang dihubungkan ke selang kompor sehingga nantinya gas akan tersalur ke kompor. Pada akhirnya, gas tersebut berubah menjadi api yang menyala.

Apa Itu Regulator Kompor Gas?

Regulator dikenal sebagai salah satu bagian dari kompor gas. Regulator merupakan perangkat yang dipasang di antara selang dan tabung gas. Regulator diperlukan untuk mengatur aliran gas dan mengunci gas supaya tidak terjadi kebocoran.

Manfaat Kompor Gas

Setiap komponen kompor gas dirancang untuk mendukung satu sama lain, tetapi juga terdapat peranan tersendiri atas kinerja tertentu. Seperti cara kerja regulator gas yang berfungsi sebagai pengontrol serta pengatur gas masuk dan keluar dari tabung. Aliran gas yang berasal dari tabung diatur oleh regulator, sehingga bisa dibuka atau ditutup.

Regulator kompor gas seringkali dilengkapi dengan fitur keselamatan tambahan untuk mencegah kebocoran gas yang beresiko tinggi. Selain itu, regulator kompor juga dilengkapi dengan alat pengukur untuk memeriksa volume gas di dalam tabungnya. Dari keterangan speedometer ini, sangat berguna bagi konsumen untuk memantau tabung gasnya.

Baca Juga : Cara Menyalakan Kompor Gas Yang Aman

Hal Yang Mempengaruhi Cara Kerja Regulator Gas

Regulator kompor gas mempunyai fungsi yang baik dalam hal ini, tetapi bisa juga sebaliknya. Jadi, apa saja yang mempengaruhi cara kerja regulator gas, berikut penjelasannya.

  1. Kualitas regulator harus mencapai standar yang ditetapkan
  2. Komponen kompor gas lainnya juga memiliki standar kualitas yang bagus dan aman apabila digunakan
  3. Tabung gas tidak memiliki cacat/dalam keadaan bagus
  4. Pemasangan regulator sudah benar dan terkunci dengan aman

Untuk menggunakan kompor gas yang aman dan nyaman, bukan hanya regulatornya saja yang perlu kamu perhatikan, melainkan juga komponen lainnya. Hal ini, saling mempengaruhi satu dengan yang lain.

Baca Juga : Cara Service Kompor Gas Sendiri di Rumah

Untuk itu, saat memilih regulator yang baik harus dicocokan dengan selang kompor gas yang aman. Yaitu, selang yang kuat dan berkualitas. Selain itu, regulator dan selang harus sesuai agar aliran gas lancar tanpa kebocoran atau risiko lain yang tidak diinginkan. Kamu bisa menemukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com