Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Service Kompor Gas Sendiri di Rumah

Cara Service Kompor Gas Sendiri di Rumah – Apapun jenis dan mereknya, kompor gas yang digunakan terus-menerus bisa kemungkinan besar akan mengalami masalah atau kerusakan di masa mendatang. Masalah umum yang biasa terjadi pada kompor gas adalah sulitnya untuk dinyalakan.

Hal tersebut biasanya terjadi karena regulator yang tersumbat. Kompor gas yang sulit menyala tentunya bisa menimbulkan kekhawatiran dan kekesalan bagi pemiliknya, apalagi jika terjadi saat sedang memasak. Jika hal ini terjadi, maka kamu memerlukan jasa service kompor gas terdekat. Jangan khawatir, ada beberapa cara service kompor gas sendiri di rumah yang bisa kamu coba.

4 Cara Service Kompor Gas Sendiri di Rumah

Apabila tempat tinggal kamu jauh dari jasa service kompor gas dan kompor yang kamu punya sulit untuk dinyalakan. Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Cabut Regulator dari Tabung Gas

Regulator adalah bagian yang menghubungkan antara selang dan tabung gas. Regulator memiliki fungsi untuk mengatur kinerja gas dan juga mengunci gas di dalam tabung untuk mencegah terjadinya kebocoran. Apabila api pada kompor tidak mau menyala, kemungkinan besarnya yaitu gas yang berada di dalam tabung mungkin tidak teralirkan dengan benar ke pemantik api.

Sehingga hal tersebut membuat kompor gas sulit untuk menyala. Sebelum memanggil teknisi service kompor gas, pastikan terlebih dahulu regulator terpasang dengan baik pada mulut tabung gas dan tidak ada kebocoran gas. Kompor gas yang sulit dinyalakan mungkin disebabkan oleh pengaman regulator yang menghambat aliran gas.

Perbaiki Pemantik Pada Kompor

Kompor gas yang sulit menyala mungkin dapat disebabkan karena rusaknya pemantik kompor yang menyebabkan tidak dapat mengeluarkan api. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kabel pemantik api yang terlepas atau adanya kotoran yang menumpuk di ujung pemantik yang menyebabkan api tidak bisa menyala.

Selain memanggil jasa service kompor gas, kamu bisa mengatasinya dengan memasang kembali kabel pemantik pada tempatnya serta membersihkan ujung pemantik dari kotoran. Apabila pemantik rusak karena aus, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Sesuaikan Kompor, Dudukan, dan Burner

Aliran gas yang tersumbat menuju kompor pada komponen tungku dan burner dapat juga menyebabkan kompor sulit menyala. Jika burner tampak kotor, angkatlah dan bersihkan keraknya menggunakan sikat, kawat kecil, dan jarum.

Penempatan burner yang tidak tepat akan mempengaruhi aliran gas dan membuat kamu sulit menyalakan kompor gas. Sebaiknya, pasang burner sesuai dengan tempatnya dan pastikan tidak ada celah antara burner dan mangkuk burner.

Perbaiki Knop Kompor

Pada umumnya teknisi service kompor gas juga akan mengecek knop kompor gas apakah knop tersebut bermasalah sehingga menyebabkan kompor gas sulit menyala. Knop kompor gas memiliki spuyer yang berguna untuk mengatur besar kecilnya aliran gas.

Apabila spuyer kotor, tentu akan menyebabkan aliran gas tidak merata dan dapat menyebabkan api kompor tidak menyala atau hanya menyala sesaat. Solusinya adalah membuka knop menggunakan tang atau kunci yang sesuai, kemudian bersihkan spuyer dan pemutarnya sampai bersih, lalu masukkan kembali knop dan coba nyalakan kompor gas.

Cara Terbaik Memilih Tukang Service Kompor Gas

Jika kompor kamu bermasalah, mungkin dapat dilakukan perbaikan sendiri atau secara otodidak. Jika kamu ingin hasil yang maksimal, disarankan untuk menggunakan layanan profesional yang dapat mengatasi berbagai masalah kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga : 4 Cara Kerja Regulator Gas

Cara Memilih Service Kompor Gas

1. Tentukan Jenis Layanan yang Diberikan

Semakin banyak layanan yang ditawarkan oleh jasa service kompor gas, maka semakin baik tempat tersebut untuk service. Kamu bisa service kompor gas yang tidak dapat menyala karena beberapa faktor, sekaligus yang tidak dapat kamu tangani sendiri. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi jika service sendiri malah membuat kompor tersebut semakin rusak.

Jika kompor gas tidak mau menyala karena beberapa faktor, seperti pemantik api rusak, api yang keluar berwarna merah, api hanya menyala sebagian, dan api tidak menyala semua, dan lain sebagainya. Cobalah cari tempat service kompor gas terdekat.

2. Mempunyai Layanan Konsultasi

Perhatikan sebelum memilih jasa service kompor gas, silahkan konsultasikan terlebih dahulu masalah yang terjadi pada kompor kamu yang tidak dapat menyala kepada tempat service kompor gas tersebut. Karena alangkah baiknya kamu menghubungi mereka terlebih dahulu sebelum datang ke tempat service kompor gas.

Kamu bisa menghubungi kontak yang tersedia dan memberitahu masalah kompor gas di rumah kamu. apabila tempat tersebut sudah memberitahu bahwa mereka bisa memperbaiki, maka kamu dapat langsung membawa kompor tersebut ke tempat service kompor gas secepatnya untuk diperbaiki.

3. Mempunyai Layanan Panggilan

Jika harus membawa kompor ke tempat service kompor gas, tentunya sangat merepotkan, apalagi jika kamu membawanya sendirian. Oleh karena itu, service centre kompor gas sangat direkomendasikan. Kamu cukup hubungi nomor yang tersedia dan mereka akan segera mendatangi rumah kamu.

Layanan service centre sangat memudahkan konsumen karena dapat menghemat waktu. Kamu bisa langusng meminta tukang service kompor gas tersebut datang ke rumah, sehingga semua masalah kompor yang tidak dapat menyala dapat diperbaiki lebih cepat.

4. Adanya Testimoni dari Pelanggan

Penilaian pelanggan adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk menghubungi penyedia jasa service kompor gas. Jika pelanggan sebelumnya meninggalkan banyak penilaian positif, maka dapat meyakinkan kamu bahwa tempat tersebut memiliki pelayanan yang memuaskan.

Sebaliknya, jika banyak pelanggan yang meninggalkan testimoni negatif, bisa jadi layanan service kompor gas tersebut masih kurang memadai. Kamu bisa menjadikan acuan semua testimoni dan review dari orang lain sebagai bahan pertimbangan kamu.

Baca Juga : Penghisap Asap Dapur Tanpa Cerobong, Cara Kerja dan Keunggulannya!

5. Harga Murah

Harga merupakan salah satu faktor yang menentukan pengambilan keputusan pelanggan, dan harga yang terjangkau lebih mungkin dipilih dibandingkan harga yang mahal. Kamu dapat mengecek daftar harga tempat service kompor gas yang dapat menyesuaikan budget yang dimiliki.

Tidak masalah apabila kamu memiliki beberapa pilihan tempat service kompor gas. Karena kepuasan pelanggan dan kualitas layanan harus menjadi nomor satu. Kamu bisa menemukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com