Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Blender Chopper

Cara Menggunakan Blender Chopper – Perkembangan teknologi saat ini dapat memudahkan berbagai tugas manusia, seperti pekerjaan rumah tangga yang berhubungan dengan kegiatan membuat bahan makanan di dapur.

Pasalnya, saat ini kamu bisa menemukan berbagai macam peralatan masak modern yang bisa mempercepat proses pengolahan makanan. Chopper adalah alat yang digunakan untuk memotong dan menghaluskan bahan makanan, alat ini berbeda dengan blender ataupun food processor.

Fungsi Alat

Berdasarkan fungsinya, kita dapat membedakan antara blender, food processor, dan juga food chopper. Kamu bisa menggunakan blender untuk mencampur dan menghaluskan bahan-bahan makanan. Namun, bahan makanan yang dihaluskan dengan blender cenderung lunak dan berair, seperti buah dan sayur.

Jika kamu menggunakan blender, kamu perlu menambahkan air dingin atau air panas untuk menghaluskan bahan makanan yang ada di dalam blender. Karena jika tidak, perangkat yang satu ini bisa rusak. Blender merupakan alat dapur yang penting bagi mereka yang suka membuat jus dan smoothies.

Di sisi lain, jika kamu suka bereksperimen dengan resep dan suka menyiapkan makanan dalam jumlah yang banyak, food processor bisa menjadi pilihan kamu. Food processor umumnya memiliki lebih banyak fitur daripada blender. Mulai dari mengiris, memotong, menggiling, mencincang hingga mencampur bahan makanan.

Sedangkan food chopper merupakan alat yang hampir mirip dengan food processor. Fungsi food processor untuk memotong, mencampur, menggiling dan menghaluskan bahan makanan.

Saat ini, ada beberapa pabrikan membuat food chopper dengan banyak mata pisau supaya bahan makanan menjadi lebih cepat halus. Bahkan ada beberapa produk yang dapat digunakan untuk mengaduk adonan kue.

Ukuran Alat

Dari segi fungsionalitas, kamu mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara food processor dan food chopper. Perbedaannya terletak pada ukuran masing-masing alat. Food chopper biasanya memiliki ukuran wadah yang jauh lebih kecil daripada food processor. Rata rata chopper yang tersedia di pasaran memiliki volume sekitar 350ml hingga 500ml. Untuk chopper multi pisau menyediakan ukuran hingga 2 liter.

Sedangkan food processor pada umumnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Jika kamu ingin memasak makanan dalam jumlah yang banyak, food processor mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sementara untuk blender tersedia dalam berbagai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan chopper.

Daya Tampung Alat

Chopper, blender dan food processor tidak memiliki kapasitas yang sama karena memiliki ukuran yang berbeda. Daya tampung chopper sekitar 1-4 cangkir bahan makanan, namun tergantung juga dari jenis dan merek chopper tersebut. Sedangkan blender dan food processor biasanya memiliki kapasitas 2 liter atau lebih.

Cara Menggunakan Blender Chopper

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika kamu menggunakan blender untuk menghaluskan makanan, kamu perlu menambahkan air terlebih dahulu. Jika kamu tidak melakukannya, blender bisa rusak karena tidak cukup kuat untuk berputar.

Blender biasanya memiliki mata pisau yang lebih kecil, sehingga diperlukan cairan tambahan agar bahan makanan lebih mudah dihaluskan. Sementara jika menggunakan food processor atau chopper untuk mengolah bahan makanan tidak perlu menambahkan air.

Cukup masukkan bahan yang ingin kamu haluskan ke dalam wadah. Kemudian sesuaikan kecepatan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dan jumlah bahan makanan yang akan diproses.

Hal ini karena mata pisau chopper memiliki ukuran yang lebih besar daripada blender. Namun, beberapa food chopper mungkin membutuhkan air tambahan supaya lebih halus. Karena jika tidak ditambahkan air, hasilnya cenderung sedikit kasar.

Tekstur Bahan Makanan Setelah Diolah

Blender biasanya menghasilkan bahan makanan cenderung lembut, karena bahan makanan harus disiram terlebih dahulu. Sedangkan chopper, kamu dapat menyesuaikan kecepatan untuk menghaluskan berbagai bahan makanan tanpa tambahan air. Oleh karena itu tekstur bahan yang telah melalui proses menggunakan chopper lebih halus dibandingkan menggunakan blender.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Wajan Marble

Kinerja Alat

Karena ini adalah peralatan dapur elektronik, blender dan chopper membutuhkan daya listrik untuk operasionalnya. Alat ini membutuhkan daya listrik yang jauh lebih besar karena memiliki kemampuan yang multifungsi.

Harga Peralatan

Harga biasanya menjadi salah satu pertimbangan terpenting saat memilih peralatan dapur. Karena chopper adalah alat multifungsi, harganya cenderung jauh lebih tinggi daripada blender.

Fitur blender yang terbatas membuatnya semakin terjangkau dan menjadikannya pilihan yang tepat jika anggaran kamu terbatas. Namun harus diingat bahwa harga seringkali mempengaruhi kualitas barang.

Mengenal Jenis Food Chopper

Bagi kamu yang tertarik membeli chopper karena keserbagunaan alat yang satu ini, kamu harus mengetahui beberapa jenis yang tersedia di pasaran saat ini. Ada banyak jenis chopper yang berbeda, mulai dari string pull, handle, hingga push.

Untuk string pull bisa dikatakan sebagai chopper manual yang tidak menggunakan listrik. String pull memiliki bentuk yang cukup sederhana, dan pada tutupnya terdapat tali yang terpasang. Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menarik tali tersebut, sehingga pisau akan berputar untuk menghaluskan bahan makanan.

Selanjutnya chopper handle, chopper jenis ini mempunyai handle yang dapat berputar serta menggerakkan pisaunya, kamu juga dapat mengatur tingkat kehalusan bahan makanan sesuai dengan keinginan. Untuk jenis chopper push akan beroperasi saat tutupnya ditekan.

Meskipun ketiganya memiliki bentuk yang hampir mirip, tetapi fungsinya tidak sama. Jadi kamu bisa memilih diantara ketiganya sesuai dengan kebutuhan dapur.

Baca Juga : Cara Menggunakan Oven Listrik, Jangan Salah!

Saat memasak, kamu juga memerlukan kompor gas yang berkualitas dan regulator gas terbaik supaya masakan yang kamu buat lebih cepat matang dan aman saat digunakan, kamu bisa mendapatkannya di Gascompsuperlock.com