Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Oven Listrik, Jangan Salah!

Cara Menggunakan Oven Listrik, Jangan Salah! – apakah kamu suka membuat kue? Kini, keberadaan oven listrik bisa menjadi alternatif untuk membuat aneka kue dengan mudah dan cepat mulai dari bolu, kue kering hingga kue lapis.

Dengan oven listrik, kamu juga bisa membuat banyak masakan. Sebagai salah satu peralatan rumah tangga terpopuler saat ini, banyak orang yang mempelajari cara menggunakan oven listrik dengan benar. Karena penggunaan yang tidak tepat dapat mempengaruhi kualitas pada kue dan makanan.

Cara Menggunakan Oven Listrik

1. Cek Daya Oven Listrik

Cara menggunakan oven listrik yang pertama adalah memeriksa watt yang tertera pada kemasan oven. Seperti diketahui, setiap produk oven listrik yang beredar di pasaran memiliki performa yang berbeda-beda.

Untuk kebutuhan rumah tangga sendiri, rentang daya biasanya 400 hingga 900 watt jika menggunakan oven listrik. Dengan daya sebesar itu, oven ini bisa digunakan di rumah-rumah dengan daya minimal 1.300 watt. Jadi sebaiknya periksa dulu kebutuhan daya oven dan pastikan listrik rumah kamu cukup kuat untuk menjalankannya.

Gascompsuperlock Home

2. Panaskan oven terlebih dahulu

Cara menggunakan oven listrik selanjutnya adalah dengan memanaskan oven terlebih dahulu sebelum mulai menggunakannya. Tujuan dari pemanasan oven adalah agar kue yang dihasilkan tidak mengembang.

Oven harus menjalankan proses pemanasan setidaknya 10-15 menit untuk mencapai suhu pemanggangan yang tepat. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan hasil kue yang mengembang sempurna.

Saat kamu memanaskan oven untuk pertama kali, kamu dapat mengatur suhu hingga 200 derajat Celcius. Setelah itu, kamu bisa menurunkan suhu secara bertahap. Direkomendasikan menggunakan suhu low medium supaya menghasilkan panas yang konsisten.

3. Memilih Loyang yang Tepat

Sebelum membuat kue, penting untuk memperhatikan pemilihan loyang, karena pemilihan loyang ini akan mempengaruhi hasil kue yang dipanggang nantinya. Misalnya jika ingin membuat kue kering yang gurih, sebaiknya gunakan loyang logam yang berwarna hitam.

Loyang logam berwarna hitam menghantarkan panas dengan baik, sehingga bagian bawah kue akan lebih renyah. Bagi yang suka kue coklat dan lembut, direkomendasikan menggunakan bahan keramik atau kaca.

Gascompsuperlock Tokopedia

4. Memanggang pada Rak Tengah

Cara menggunakan oven listrik berikutnya yaitu memanggang pada rak tengah. Saat memanggang adonan, sebaiknya gunakan oven listrik dan fokuskan pada rak tengah. Hal ini karena bagian oven yang paling panas berada di rak bagian bawah dan atas.

Jadi, memanggang di antara kedua rak akan membantu kue lebih cepat matang. Walaupun kedengarannya bagus karena kamu tidak perlu menunggu lama untuk memanggang kue. Namun, suhu yang terlalu tinggi juga tidak bagus untuk memanggang.

Sehingga tekstur kue yang dihasilkan mungkin tidak sesuai dengan keinginan kamu, bahkan kemungkinan gosong atau matang di bagian luarnya saja.

5. Tidak Membuka dan Menutup Oven Listrik

Selama proses memanggang, kamu mungkin ingin memeriksa apakah kue sudah matang. Namun, disarankan untuk tidak membuka atau menutup oven selama proses memanggang berlangsung.

Membuka tutup oven listrik saat memanggang dapat memengaruhi suhu di dalam ruang pemanggang. Jika suhu menjadi tidak stabil, maka akan mengganggu pemanggangan.

Akibatnya kue tidak mengembang sempurna dan tidak memiliki tekstur kue yang diinginkan. Selain itu, pemakaian oven yang semakin lama akan menghabiskan banyak energi sehingga lebih boros.

Baca Juga : Cara Menggunakan Blender Chopper

6. Gunakan Timer pada Oven Listrik

Hindari cara menggunakan oven listrik yang tidak tepat seperti membuka dan menutup oven saat memanggang. Kamu dapat menggunakan fungsi pengatur waktu di oven kamu.

Menggunakan pengatur waktu bertujuan untuk memastikan apakah kue sudah matang atau belum. Atur timer dari 15 menit hingga 60 menit atau tergantung jenis kue yang ingin dipanggang. Kemudian tunggu pengatur waktu berhenti sebelum mengangkat loyang di dalam oven.

7. Gunakan Tutup Makanan Khusus

Terkadang banyak juga orang yang tidak mengetahui cara menggunakan oven listrik untuk memanaskan makanan. Namun jangan hanya memasukkan sepiring makanan ke dalam oven. Dianjurkan untuk menggunakan tutup oven khusus agar makanan tetap hangat luar dalam.

Tutup makanan khusus oven biasanya terbuat dari bahan food grade yang tidak akan meleleh meski suhunya cukup tinggi. Selain itu, dengan menggunakan penutup, kamu dapat mencegah percikan minyak saat memasak, sehingga menjaga kebersihan bagian dalam oven.

8. Memberikan Jarak

Kamu perlu untuk memberikan jarak antara oven dan benda lain. Sebaiknya menyisakan jarak 5-7 cm agar udara panas dari oven tidak mengenai benda lain. Selain itu, jangan letakkan terlalu dekat dengan dinding agar ventilasi di dalam oven bekerja dengan baik.

Baca Juga : Alat Masak Stainless Steel, Wajib Jadi Perhatian Ibu Rumah Tangga

Itulah beberapa cara menggunakan oven listrik dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat. Saat memasak, kamu juga memerlukan kompor gas yang berkualitas dan regulator gas terbaik supaya masakan yang kamu buat lebih cepat matang dan aman saat memasak, kamu bisa mendapatkannya di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram