Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Alat Masak Stainless Steel, Wajib Jadi Perhatian Ibu Rumah Tangga

Alat Masak Stainless Steel, Wajib Jadi Perhatian Ibu Rumah Tangga – Peralatan dapur terbuat dari berbagai bahan, seperti stainless steel, aluminium, teflon, tembaga dan lain sebagainya. Di antara berbagai bahan tersebut, alat masak stainless steel merupakan salah satu yang paling banyak diminati dan digemari oleh masyarakat umum.

Semua peralatan dapur tentunya membutuhkan perawatan, sehingga alat daput menjadi awet dan tahan lama. Dengan cara ini kamu dapat menghemat biaya. Jadi sebelum kamu membeli peralatan dapur, lakukan riset terlebih dahulu tentang peralatan yang akan kamu beli. Berikut penjelasan lengkap mengenai alat masak stainless steel.

Kelebihan dan Kekurangan Alat Masak Stainless Steel

Kelebihan Alat Masak Stainless Steel

  • Alat masak stainless steel mudah dibersihkan dan dirawat.
  • Alat masak stainless steel tahan terhadap korosi.
  • Awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama, terlebih lagi sangat kuat karena pori-porinya yang padat atau bisa dikatakan tidak berpori-pori.
  • Tidak menimbulkan jamur
  • Tidak dapat mempengaruhi bau atau rasa
  • Multifungsi karena dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis makanan.
  • Alat masak stainless steel mempertahankan kilaunya walaupun setelah dibersihkan.
  • Permukaannya alat masak stainless steel sangat halus, sehingga sulit tergores dan kecil kemungkinan terjadi retakan.

Kekurangan Alat Masak Stainless Steel

  • Peralatan masak ini termasuk dalam kategori penghantar panas yang kurang baik.
  • Harga alat masak stainless steel lebih mahal dibandingkan jenis bahan lainnya.
  • Jika bagian luar terkena panas tinggi, dapat berubah menjadi hitam.
  • Jika terkena air garam yang terlalu lama dapat merusak alat masak stainless steel.

Gascompsuperlock Home

Contoh Alat Masak Stainless Steel

1. Kompor

Kompor merupakan salah satu kebutuhan utama rumah tangga. Fungsinya untuk memasak makanan. Sebaiknya pilih kompor yang berkualitas untuk menjamin kualitas dan keamanannya, jangan lupa juga untuk menggunakan regulator gas terbaik di Gascompsuperlock

2. Wastafel dapur

Hampir setiap dapur memiliki wastafel yang fungsinya untuk mencuci bahan makanan.

3. Wajan

Banyak wajan yang terbuat dari bahan stainless steel, yang membuatnya kokoh dan tahan lama. Fungsi wajan juga berbeda-beda, kamu bisa memasak sayuran atau menggoreng makanan dan lain sebagainya. Serta sangat mudah dibersihkan.

4. Panci

Panci juga terbuat dari bahan stainless steel, tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Masing-masing dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang digunakan untuk merebus air atau membuat sayur sop dan lain sebagainya.

5. Solet

Alat masak ini merupakan salah satu alat pelengkap untuk menggoreng makanan.

6. Sendok dan Garpu

Alat masak stainless steel selanjutnya yaitu sendok dan garpu yang memiliki fungsi sebagai alat makan.

7. Pisau

Pisau juga banyak ditemukan dengan bahan stainless steel. Fungsinya untuk memotong bahan makanan sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

8. Ceret

Alat masak stainless steel yang terakhir digunakan untuk merebus air.

Gascompsuperlock Shopee

Tips Membersihkan dan Merawat Alat Masak Stainless Steel

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai referensi perawatan dan kebersihan agar peralatan dapur kamu tetap bersih dan tahan lama. Kamu bisa menggunakan spons untuk mencucinya, seperti halnya kamu mencuci gelas dan piring.

Kamu juga bisa menggunakan jeruk lemon atau cuka untuk menghilangkan bau dari peralatan dapur.
Jika kamu mencuci kerak pada alat masak stainless steel, kamu bisa merendamnya dalam air dingin untuk memudahkan pembersihan.

Kamu juga disarankan untuk memastikan perlengkapan yang kamu simpan sudah kering supaya barang tersebut tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips membersihkan dan merawat alat masak stainless steel.

Baca Juga : Cara Menggunakan Oven Listrik, Jangan Salah!

1. Merawat Gagang Alat Masak Stainless Steel

Alat masak stainless steel biasanya memiliki pegangan. Langkah untuk membersihkannya yaitu menggunakan kain lap berbahan mikrofiber. Jadi kamu tidak perlu bahan kimia untuk membersihkan alat masak stainless steel yang memiliki gagang.

2. Menghilangkan Karat

Salah satu cara untuk menghilangkan karat dari peralatan dapur adalah dengan menggunakan bubuk pumice. Untuk menggunakannya, campur bubuk dengan air. Pasta yang dihasilkan dapat dioleskan ke area yang berkarat. Kemudian bilas dengan air hangat agar alat masak kamu bebas karat.

3. Membersihkan Meja Dapur

Meja dapur atau yang biasa dikenal dengan kitchen set ada yang terbuat dari bahan stainless steel. Cara perawatannya adalah dengan membersihkannya dengan sabun biasa. Tidak disarankan menggunakan pembersih abrasif.

4. Menghilangkan Noda

Kompor seringkali menghasilkan noda hitam karena terlalu sering terkena api. Kamu bisa membersihkannya dengan campuran baking soda, lemon, dan borak. Setelah mencampur bahan tersebut, gosok pada bagian yang terdapat noda. Lalu bilas dengan soda. Terakhir, bersihkan dengan kain mikrofiber.

5. Usahakan Alat Masak Stainless Steel Tetap Kering

Sesudah membersihkan alat masak, pastikan alat masak stainless steel segera dilap menggunakan kain mikrofiber. Tujuannya adalah untuk mencegah terbentuknya noda dari air yang mengering.

6. Membersihkan Alat Masak Stainless Steel dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk membersihkan dan merawat alat masak stainless steel. Caranya adalah dengan mencuci perlengkapan terlebih dahulu dengan sabun dan air. Kemudian mengoleskan minyak zaitun ke kain, lalu diusapkan ke bagian alat masak stainless steel.

Baca Juga : Penyebab Kue Bantat yang Perlu Kamu Hindari

Kamu tentunya juga membutuhkan kompor gas yang berkualitas dan regulator gas terbaik supaya masakan yang kamu buat lebih cepat matang dan aman saat memasak, kamu bisa mendapatkannya di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram