Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Penyebab Kue Bantat yang Perlu Kamu Hindari

Penyebab Kue Bantat yang Perlu Kamu Hindari – Membuat kue adalah hobi produktif yang bisa dilakukan kapan saja. Kamu bisa menghasilkan uang dengan hobi ini menjadi content creator.

Penyebab kue bantat disebabkan oleh banyak hal, seperti kesalahan takaran, prosedur, penanganan adonan, atau peralatan oven yang kamu gunakan. Berikut beberapa penyebab kue bantat yang harus dihindari.

6 Penyebab Kue Bantat

1. Bahan Pengembang Kue yang Salah

Faktor pertama penyebab kue bantat adalah bahan pengembang kue yang tidak tepat. Perhatikan cara menakar bahan pengembang yang benar sesuai dengan jenisnya.

Jika kamu menggunakan terlalu banyak bahan pengembang, maka akan menyebabkan kue menjadi bantat. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue adalah baking powder dan soda kue. Pastikan juga bahan pengembang belum kadaluarsa.

2. Kesalahan Dalam Mengocok Adonan

Perhatikan baik-baik petunjuk resepnya dan pastikan kamu mengikuti urutan mengocok adonan kue. Kamu dapat mengocok kue dengan mixer atau dengan tangan.

Jika dilakukan dengan tangan, harus memperhatikan saat mencampur bahan. Pastikan adonan tercampur secara rata. Kemudian perhatikan waktu pengocokan tidak terlalu lama atau terlalu pendek dan sesuai dengan yang tertulis di resep.

Biasanya saat kamu mengocok telur utuh (kuning telur dan putihnya) akan mengembang 7-10 menit setelah dikocok. Waktu ini berlaku saat menggunakan 6 butir telur. Hal tersebut bukan menjadi patokan dasar karena semuanya bergantung pada kualitas telur.

Gascompsuperlock Home

3. Bahan Dingin dari Kulkas

Penyebab kue bantat selanjutnya adalah menggunakan bahan yang terlalu dingin, seperti mentega dan telur yang disimpan di lemari es, akan mempengaruhi kualitas kue. Bahan dengan suhu dingin akan menghambat proses pengembangan, sehingga adonan tidak tercampur sempurna.

Baca Juga : Alat Masak Stainless Steel, Wajib Jadi Perhatian Ibu Rumah Tangga

4. Ukuran Loyang Tidak Sesuai

Ukuran loyang yang berbeda memerlukan suhu dan waktu panggangan yang berbeda, sehingga ukuran loyang dapat memengaruhi hasil kue yang kamu buat. Jadi gunakan ukuran loyang sesuai dengan resep sajian.

5. Perhatikan Bahan Subtitusi

Jika kamu ingin membuat kue dengan bahan yang sehat atau jika kamu tidak dapat menemukan bahan yang tepat. Kamu perlu memperhatikan bahan-bahan tersebut, karena bahan yang kamu gunakan dapat mempengaruhi hasil kue. Direkomendasikan untuk mempelajari bahan-bahan di internet terlebih dahulu atau bereksperimen dengan bahan tersebut.

Gascompsuperlock Lazada

6. Penggunaan Oven yang Tidak Tepat

Penyebab kue bantat yang terakhir adalah penggunaan oven yang kurang tepat. Biasanya setelan oven tidak panas atau mungkin terlalu panas, sehingga tidak sesuai dengan suhu yang kamu perlukan. Jadi selalu atur suhu sesuai rekomendasi pabrikan.

Jika sulit menyesuaikan suhu dengan oven, kamu bisa menggunakan oven listrik. Harganya pun tidak jauh berbeda, dan sepertinya oven saat ini sudah menjadi kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga : Contoh Teknik Mengetim yang Perlu Kamu Ketahui

Saat memasak, kamu juga memerlukan kompor gas yang berkualitas dan regulator gas terbaik supaya masakan yang kamu buat lebih cepat matang dan aman saat memasak, kamu bisa mendapatkannya di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram