Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Kompor Infrared VS Induksi, Ini Dia Perbedaannya!

Kompor Infrared VS Induksi, Ini Dia Perbedaannya! – Bagi siapapun yang hobi memasak, kompor merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dan harus ada. Ada banyak jenis kompor yang beredar di pasaran saat ini, antara lain kompor gas, kompor listrik, kompor infrared, dan kompor induksi. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk membeli kompor infrared atau kompor induksi, kamu perlu mengetahui perbedaan kompor infrared vs induksi.

Perbedaan Kompor Infrared VS Induksi

Di antara semua jenis kompor yang disebutkan, kompor induksi dan kompor infrared telah menarik perhatian berbagai kalangan. Hal ini mungkin karena keduanya sudah menggunakan listrik. Berikut beberapa perbedaan kompor infrared vs induksi.

1. Penggunaan Peralatan Masak

Perbedaan kompor infrared vs induksi yang pertama adalah penggunaan peralatan masak. Kedua jenis kompor ini tidak dapat digunakan dengan peralatan masak yang memiliki alas berbentuk bulat, seperti kuali dan wajan. Oleh karena itu, hanya peralatan dengan alas datar yang bisa kamu gunakan seperti saucepan dan frypan.

Untuk kompor induksi, kamu hanya bisa menggunakan peralatan stainless steel, jika menggunakan alat berbahan lainnya, maka kompor tidak akan menyala. Sedangkan kompor infrared dapat digunakan pada semua jenis bahan seperti marble, besi, dan stainless steel.

Jadi jika kamu kebanyakan menggunakan peralatan masak stainless steel, kamu bisa memilih kompor induksi. Jika peralatan masak kamu terbuat dari bahan yang berbeda-beda, sebaiknya pilih kompor infrared.

Gascompsuperlock Home

2. Jenis Pemanas

Perbedaan kompor infrared vs induksi selanjutnya yaitu terletak pada jenis pemanasnya. Kompor infrared ataupun induksi menggunakan listrik dan tidak menghasilkan asap yang berlebihan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa jenis pemanas yang digunakan pada kedua kompor tersebut sebenarnya berbeda.

Kompor infrared tidak menggunakan listrik untuk pemanasnya, seperti namanya, kompor infrared menggunakan infrared untuk pemanasnya. Infrared berbentuk lingkaran merah yang terlihat seperti bara api. Sedangkan kompor induksi menggunakan listrik untuk pemanasnya, oleh karena itu, kompor ini sering disebut kompor listrik.

Keuntungan oven inframerah adalah cepat panas dan menyebar merata. Jika Anda memiliki kompor induksi panas, itu hanya di sekitar lingkaran. Oleh karena itu, dilarang menyentuh oven inframerah yang terbakar.

Baca Juga : Contoh Teknik Mengetim yang Perlu Kamu Ketahui

3. Tingkat Keamanan

Perbedaan kompor infrared vs induksi berikutnya adalah tingkat keamanan. Kompor infrared memiliki panas yang cepat merata ke permukaan, sehingga sangat berbahaya dan dapat menyebabkan luka bakar jika tersentuh. Namun demikian, kompor infrared mempunyai system lock dan instalasi perlindungan.

Di sisi lain, panas kompor induksi hanya menyebar di sekitar lingkaran, tidak merata ke seluruh permukaan. Selain itu, kompor jenis ini dilengkapi dengan child lock sehingga lebih aman digunakan di sekitar anak-anak.

Gascompsuperlock Shopee

4. Tingkat Efisiensi Energi

Saat memilih kompor, kamu juga harus mempertimbangkan efisiensi yang ditawarkannya. Hal ini dimaksudkan agar makanan lebih cepat matang sempurna dan menghemat waktu sehingga dapat digunakan untuk hal lain.

Kompor induksi dapat menghantarkan sekitar 80-90% energi elektromagnetik saat memasak dalam panci. Sedangkan kompor infrared dapat menghemat energi hingga 37%. Jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah.

5. Suhu Maksimum

Perbedaan kompor infrared vs induksi yang terakhir yaitu suhu maksimum. Suhu yang dihasilkan kompor juga dapat mempengaruhi waktu atau kecepatan matangnya masakan. Pada umumnya kompor memiliki suhu rata-rata 393 derajat, tetapi dari suhu dingin ke panas atau sebaliknya masih membutuhkan waktu yang lama.

Kompor induksi mencapai suhu maksimum 351 derajat, memungkinkan kamu memasak makanan dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini berbeda dengan kompor infrared, dimana lempengan pemanasnya dapat menghasilkan panas hingga 1000 derajat. Tidak mengherankan jika kompor ini dikenal lebih cepat panas dibandingkan kompor jenis lainnya. Keduanya menawarkan suhu yang berbeda, tetapi semuanya tergantung pada kebutuhan dan anggaran kamu. Jangan mencoba membeli lebih dari anggaran kamu.

Baca Juga : Ide Desain Dapur Kecil Ukuran 2×2 M

Itu tadi informasi mengenai perbedaan kompor infrared vs induksi yang bisa kamu pahami sebelum membeli. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram