Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Mencuci Piring Yang Benar Supaya Higienis

Cara Mencuci Piring Yang Benar Supaya Higienis – Ibarat menyetrika pakaian dan bersih-bersih rumah, mencuci piring adalah tugas yang tidak ada habisnya. Namun dengan cara mencuci piring yang benar, maka pekerjaan selesai dalam waktu yang singkat.

Mencuci piring adalah pekerjaan yang bisa dilakukan siapa saja. Pada dasarnya, cara yang biasa dilakukan hanya menggosok piring dengan air sabun. Lalu bilas dan selesai. Namun, kenyataannya tidak sesederhana itu. Terutama jika berhadapan dengan makanan berlemak, basi, dan kerak membandel. Namun tenang saja, dengan cara mencuci piring yang benar berikut ini, mencuci piring menjadi lebih cepat selesai.

8 Cara Mencuci Piring Yang Benar

1. Buang Sisa Makanan Segera

Cara mencuci piring yang benar adalah membuang sisa makanan segera. Siapa pun yang sering mencuci piring di rumah pasti mengetahui cara mengatasi sisa makanan. Jika dibiarkan, sisa makanan ini bisa menjadi basi dan baunya tidak sedap. Sisa makanan seperti sisa nasi di piring bisa kering dan sulit dibersihkan. Nah, hal-hal seperti inilah yang membuat mencuci piring menjadi membosankan dan lama selesainya.

Oleh karena itu, sebaiknya biasakan membuang sisa makanan segera setelah selesai makan. Siapkan wadah khusus di dekat bak cuci piring dan ingatkan anggota keluarga lainnya untuk menjadikan ini sebagai kebiasaan.

Kebiasaan ini tidak hanya membuat proses mencuci piring menjadi lebih mudah dan cepat, tetapi juga lebih sehat. Makanan basi tidak lagi menjadi tempat berkembang biaknya bakteri di wastafel. Risiko saluran air yang mampet juga bisa diminimalisir.

Gascompsuperlock Home

2. Bilas Dengan Air Terlebih Dahulu Sebelum Dicuci

Cara mencuci piring yang benar selanjutnya mengeluarkan sisa makanan dari piring, biasanya seringkali meninggalkan noda yang memiliki tekstur kental. Misalnya sambal dan sisa bumbu rendang. Jika langsung dicuci dengan sabun, sisa sambal dan bumbu rendang justru akan menempel di spons.

Akibatnya, butuh waktu lebih lama untuk mencuci piring. Oleh karena itu, cara mencuci piring yang benar yaitu bilas terlebih dahulu sisa sambal dan bumbu rendang dengan air.

Baca Juga : Cara Mencuci Lap Dapur Yang Berminyak

3. Rendam Piring Sebelum Mencuci

Cara mencuci piring yang benar berikutnya yaitu rendam piring terlebih dahulu. Mencuci piring seringkali memakan waktu yang lama karena harus berurusan dengan sisa nasi kering. Jika kamu langsung mencucinya, kamu akan menggosoknya berkali-kali. Cara ini tidak hanya memakan waktu, tetapi juga membutuhkan lebih banyak energi. Solusinya adalah merendam piring ke dalam air terlebih dahulu. Setelah nasi kering menjadi lunak, cukup gosok dan cuci seperti biasa.

4. Cuci yang Bersih Terlebih Dahulu

Banyak orang yang tidak memperhatikan urutan mencuci piring. Kebanyakan orang biasanya mencuci piring yang ada di tumpukan atas. Nyatanya, cara mencuci piring yang benar yaitu jika piring yang tidak terlalu kotor kamu cuci terlebih dahulu.

Dengan begini kamu tidak perlu sering-sering membersihkan spons karena kotoran yang menempel. Kamu juga tidak hanya mencuci piring menjadi lebih cepat, tetapi juga menghemat sabun pencuci piring.

Gascompsuperlock Lazada

5. Gunakan Metode Celup Saat Cucian Menggunung

Cara mencuci piring yang benar selanjutnya menggunakan metode celup. Membilas piring dengan air mengalir memang efektif jika piring tidak terlalu kotor. Namun, cara ini tidak efektif jika kamu sudah memiliki tumpukan piring kotor. Cobalah metode pembersihan yang biasa digunakan oleh jasa katering yang menggunakan metode celup saat mencuci piring hajatan.

Cara ini tidak hanya lebih cepat, tetapi juga menghemat air. Jika dilakukan di rumah, cara ini cocok untuk dapur dengan bak wastafel ganda. Caranya adalah dengan mengisi kedua bak wastafel dengan air bersih.

Jika kamu tidak memiliki wastafel ganda, alternatifnya bisa menggunakan dua ember. Kemudian rendam piring dalam air bersih setelah digosok dengan sabun. Perendaman awal ini akan membantu menghilangkan sisa sabun dan kotoran di piring. Kemudian celupkan kembali piring tersebut ke dalam wadah kedua berisi air bersih agar piring menjadi lebih bersih.

6. Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Noda lemak adalah salah satu noda yang paling sulit dihilangkan. Sehingga mencuci piring harus diulang hingga 2-3 kali supaya piring menjadi kesat. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon. Manfaat dari kedua buah tersebut dapat dengan cepat menghilangkan minyak.

Untuk noda minyak yang membandel, seperti bekas lemak dari daging beku, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu dengan air mendidih. Selanjutnya cuci dengan irisan jeruk nipis atau lemon.

Lemon dan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang membandel, seperti wadah makanan plastik. Yang harus kamu lakukan adalah merendam peralatan makan ke dalam air yang sudah diisi dengan irisan jeruk nipis atau lemon. Setelah beberapa jam direndam, bau tak sedap akan hilang dan tergantikan oleh aroma segar buah ini.

7. Atasi Kerak Membandel Dengan Baking Soda

Mengetahui cara mencuci piring yang benar akan membantu kamu mencuci piring menjadi lebih cepat. Soda kue adalah bahan pembersih kerak yang cukup ampuh. Mungkin kamu menggunakan piring untuk memanaskan makanan di dalam oven. Sehingga makanan yang dipanaskan mengakibatkan piring menjadi berkerak.

Menggosok piring dengan sabun biasa saja tidak cukup untuk menghilangkan kerak tersebut. Cara yang lebih mudah adalah dengan menaburkan sesendok baking soda. Kemudian tambahkan air panas dan biarkan dingin. Selanjutnya kamu bisa mengikis kerak dengan lebih mudah.

Baca Juga : Cara Mengempukkan Daging Sapi dan Hemat Gas

8. Gunakan Sabut Besi Untuk Noda Membandel

Mencuci piring dengan spons sangat efektif untuk menghilangkan sebagian besar noda yang ada pada piring kotor. Namun, menggunakan sabut besi akan lebih efektif untuk menghilangkan noda yang membandel.

Sabut besi sering digunakan untuk membersihkan panci atau wajan dan juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel seperti noda teh pada cangkir. Itulah beberapa tips cara mencuci piring yang benar dengan cepat. Semoga bermanfaat! Kamu tentu membutuhkan kompor gas dan regulator gas terbaik saat memasak, yuk temukan di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram