Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Mengempukkan Daging Sapi dan Hemat Gas

Cara Mengempukkan Daging Sapi dan Hemat Gas – Daging merah seperti daging sapi, kerbau dan kambing biasanya menjadi bahan masakan yang populer untuk momen-momen spesial seperti hari raya dan kumpul keluarga.

Mengingat daging merah biasanya memakan waktu yang lama agar bisa empuk saat dimasak, sehingga akan menyebabkan isi tabung gas para ibu rumah tangga pun bisa cepat habis. Nah, Gascomp punya beberapa cara mengempukkan daging sapi dan hemat gas. Tips ini juga bisa diterapkan pada jenis daging merah lainnya. Yuk simak caranya!

6 Cara Mengempukkan Daging Sapi

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Terdapat cara mengempukkan daging sapi secara alami tanpa menghabiskan gas yaitu menggunakan daun pepaya, daun pepaya mengandung enzim alami yang berfungsi untuk memecah protein dalam daging dan melunakkannya.

Cara mengempukkan daging sapi menggunakan daun pepaya cukup mudah yaitu ambil daun pepaya, cuci dengan air mengalir, keringkan, kemudian jadikan pembungkus daging. Tutupi setiap potongan daging dengan rapat dan diamkan selama sekitar satu jam. Setelah itu, daging siap diolah.

2. Olesi dengan Jus Nanas

Selain daun pepaya, cara mengempukkan daging sapi selanjutnya yaitu menggunakan nanas. Nanas juga bisa digunakan untuk melunakkan daging sapi sama seperti daun pepaya, nanas mengandung enzim alami yang lebih cepat melunakkan daging merah.

Perbedaannya, apabila menggunakan daun pepaya cukup membungkus daging, sedangkan nanas harus dihaluskan atau dijus. Daging merah sebaiknya dilumuri dengan nanas yang dihaluskan atau dijus dan dibiarkan selama 30 menit. Kemudian daging siap untuk dimasak sesuai dengan keinginan.

Gascompsuperlock Home

3. Diamkan Daging pada Suhu Ruangan

Cara mengempukkan daging sapi lainnya adalah mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Cara ini merupakan pilihan jika kamu tidak memiliki stok daun pepaya atau nanas tetapi ingin menghemat gas.

Baca Juga : Cara Mencuci Piring Yang Benar Supaya Higienis

Pertama, jika kamu menyimpan daging di dalam freezer, sebaiknya simpan di wadah kedap udara di rak paling bawah pada malam sebelumnya. Kemudian, sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum dimasak, keluarkan daging merah dari freezer dan simpan dalam wadah kedap udara di dapur.

Hal ini bertujuan supaya daging memiliki tekstur yang lembut. Sambil menunggu daging merah menjadi empuk, siapkan bahan lainnya. Perlu kamu ingat bahwa keempukan daging tidak akan sama seperti saat kamu menggunakan daun papaya atau buah nanas. Namun, cara ini lebih baik daripada mengolah daging langsung dari kulkas.

4. Potong Berlawanan Serat Daging

Cara mengempukkan daging sapi berikutnya adalah dengan memperhatikan dalam memotongnya dan lihat serat panjang pada bagian daging. Untuk mengempukkan daging, kamu bisa memotong daging dengan arah berlawanan pada serat daging. Tujuannya agar seratnya lebih pendek sehingga daging menjadi empuk saat dimasak dan mudah dikunyah saat dimakan.

Gascompsuperlock Tokopedia

5. Gunakan Uap Panas

Uap panas juga bisa menjadi cara mengempukkan daging sapi tanpa pemborosan gas. Untuk menerapkan cara ini, jangan membuka tutup panci dan gunakan stopwatch atau timer di HP agar pengukuran waktunya lebih tepat.

Pertama, rebus air dan masak daging merah dalam panci tertutup selama 5 menit. Kemudian matikan api dan biarkan daging di dalam panci selama 30 menit. Terakhir, nyalakan kembali kompor dan rebus daging selama tujuh menit.

Dengan menggunakan cara ini, kamu hanya membiarkan kompor menyala selama 12 menit, tapi secara teknis kamu bisa memasak daging lebih dari 30 menit. Lumayan, bukan?

6. Coba Masak dengan Cara yang Berbeda

Salah satu cara mengempukkan daging sapi supaya matang secara merata adalah dengan menyajikannya menggunakan cara yang berbeda. Misalnya dipotong-potong dan ditumis bersama sayuran seperti brokoli. Sehingga kamu punya cara memasak yang berbeda selain mengolah daging merah menjadi rendang, gulai, sate, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Dapur Hitam Putih Sederhana, Elegan dan Kekinian Banget!

Itulah beberapa cara mengempukkan daging sapi dan hemat gas, semoga bermanfaat. Kamu tentu membutuhkan kompor gas dan regulator gas terbaik saat memasak, yuk temukan di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram