Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memasak Beras Ketan Supaya Pulen dan Legit

Cara Memasak Beras Ketan Supaya Pulen dan Legit – Apakah kamu ingin membuat aneka jajanan dengan beras ketan? Tepat sekali, dibawah ini terdapat beberapa tips memasak beras ketan pulen dengan cepat.

Berbeda dengan beras biasa, beras ketan perlu direndam air terlebih dahulu dan bersifat lengket. Beras ketan biasanya digunakan dalam pembuatan aneka jajanan tradisional.

Memasak beras ketan sebenarnya sangat mudah jika mengikuti pemilihan bahan dan proses memasak yang tepat. Berikut tips cara memasak beras ketan pulen dengan cepat. Yuk simak!

6 Cara Memasak Beras Ketan

1. Pilih Beras Ketan yang Berkualitas Baik

Cara memasak beras ketan yang pertama yaitu menyiapkan beras ketan yang berkualitas baik. Pastikan memilih beras ketan yang bijinya utuh, tidak hancur, tidak ada kutu, dan tidak berbau.

Beras ketan yang memiliki kutu dan  berbau biasanya telah disimpan lama dan kualitasnya menurun.

Gascompsuperlock Home

2. Rendam Terlebih Dulu

Cara memasak beras ketan selanjutnya merendam dengan air bersih terlebih dahulu. Beras ketan perlu direndam supaya biji-bijian ketan menyerap kelembapan, sehingga matangnya pun merata.

3. Waktu Perendaman Beras Ketan

Beras ketan dapat direndam selama satu jam sampai semalaman, semakin lama direndam maka tekstur beras ketan akan semakin lengket.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu menentukan waktu perendaman sesuai dengan resep olahan beras ketan yang akan kamu buat.

4. Takaran Air Harus Cukup

Cara memasak beras ketan berikutnya adalah dengan menambahkan air secukupnya untuk mengukus beras ketan. Supaya tidak keras atau pun lunak, dibutuhkan sekitar 3,5 gelas air untuk memasak 2 gelas beras ketan.

Baca Juga : Kekurangan Kompor Gas Kaca dan Cara Menghindari Retakan

5. Lapisi Kukusan

Ketika kamu memasak beras ketan, panci magic com atau kukusan alangkah baiknya dilapisi menggunakan baking parchment paper.

Hal ini bertujuan untuk mencegah beras ketan tidak menempel di tepi panci magic com atau kukusan. Apabila beras ketan lengket dan mengeras, maka akan menjadi sulit untuk dicuci.

Gascompsuperlock Tokopedia

6. Masak Dengan Cara Dikukus Atau Direbus

Apabila kamu memasak beras ketan menggunakan cara tradisional, maka beras ketan dimasak dengan cara dikukus. Namun, meskipun beras ketan dimasak menggunakan magic com, proses pengukusan bisa membuat beras ketan lebih pulen. Selain menggunakan cara pengukusan, kamu juga dapat merebus beras ketan.

Namun, saat memasak beras ketan dengan cara merebus, kamu membutuhkan takaran air yang cukup supaya beras ketan tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Bawang Gunting

Saat memasak beras ketan, tambahkan berbagai daun aromatik dan bumbu supaya aromanya lebih gurih. Itulah cara memasak beras ketan yang mudah untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba! Jika kamu sedang mencari berbagai macam kompor dan regulator gas terbaik berkualitas tinggi yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram