Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Penyebab Magic Com Tidak Panas, Nasi Bisa Bau!

Penyebab Magic Com Tidak Panas, Nasi Bisa Bau! – Magic Com adalah salah satu peralatan yang paling dibutuhkan oleh penghuni rumah. Bagaimana jika alat ini tidak berfungsi dengan baik? Yuk cari tahu penyebab magic com tidak panas dan apa yang harus dilakukan.

Manfaat magic com sebagai alat untuk memasak, menghangatkan dan mengukus nasi menjadikan alat ini sangatlah penting keberadaannya. Penggunaan yang terlalu sering akan merusak alat ini jika tanpa perawatan yang rutin.

Misalnya, magic com tidak panas atau rusak pada elemen tertentu sehingga mengganggu aktivitas memasak. Alasan umum penyebab magic com tidak panas yaitu kabel listrik yang rusak, elemen pemanas yang usang, atau masalah pada saklar.

Tentunya kamu bisa memilih magic com merek lain jika memang ingin menggantinya. Namun, sebelum kamu membeli magic com yang baru, ada baiknya kamu mencari tahu apa penyebab magic com tidak panas dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar untuk meminimalisir kerusakan.

Gascompsuperlock Home

4 Penyebab Magic Com Tidak Panas

1. Kerusakan Kabel Listrik

Penyebab magic com tidak panas bisa jadi karena kabel listriknya rusak atau putus, apalagi kabelnya sering terbelit. Kabel pada magic com dapat dengan mudah mengalami longgar jika salah penggunaan.

Kamu dapat memeriksa kabel tersebut menggunakan multimeter. Jika arus yang dialirkan terlalu kecil, hal ini mungkin menjadi penyebab magic com tidak panas.

2. Elemen Pemanas yang Usang

Elemen pemanas merupakan elemen penting dari magic com. Kemungkinan penyebab magic com tidak panas karena rusaknya elemen pemanas.

Kerusakan elemen pemanas pada magic com biasanya disebabkan oleh gangguan tegangan. Elemen pemanas biasanya berupa stiker atau lakban yang dipasang di sekitar tempat nasi.

Oleh karena itu, jika magic com tidak mau panas, kemungkinan elemen pemanas ini yang menjadi penyebabnya. Kamu perlu menggantinya atau membawanya ke service center terdekat.

3. Saklar Pemanas

Saklar pemanas pada magic com berfungsi untuk mengubah aliran arus listrik ke elemen pemanas. Pada umumnya, magic com memiliki dua elemen pemanas, walaupun banyak juga yang hanya mempunyai satu pemanas.

Jika saklar pemanas rusak, kemungkinan besar magic com tidak akan berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan arus yang seharusnya mengalir pada komponen saklar tidak sampai ke elemen pemanas.

4. Masalah pada Red Switch

Red switch pada magic com berfungsi untuk saklar otomatis. Kamu akan melihat perubahan panas saat red switch atau saklar suhu mencapai tingkat panas tertentu, terutama saat nasi sudah matang.

Jika ada masalah pada komponen yang satu ini, bisa jadi penyebab magic com tidak panas. Jika kamu sudah mengetahui faktor-faktor penyebab magic com tidak panas, segeralah bawa ke tempat service terdekat atau perbaiki sendiri secara hati-hati.

Baca Juga : Cara Membuat Corn Dog Mozzarella Ala Korea

Melakukan Pengecekan Magic Com

Selain penyebab magic com tidak panas, ada baiknya kamu mengeceknya terlebih dahulu sebelum melakukan service atau membeli yang baru. Beberapa hal yang harus kamu lakukan yaitu:

  • Pastikan komponen rice cooker atau magic com berfungsi dengan baik, seperti kabel, saklar, konektor, dan elemen lainnya.
  • Bersihkan dari karat dan kencangkan baut yang kendor.
  • Pastikan tuas dan pegas termostat berfungsi dengan baik.
  • Periksa elemen pemanas dan elemen magic com dengan multimeter bila perlu. Apabila elemen ini rusak, maka magic com sudah saatnya diganti dengan yang baru.

Gascompsuperlock Tokopedia

Akibat yang Muncul jika Magic Com Tidak Panas

1. Nasi Menguning dan Bau

Penyebab magic com tidak panas dapat mempengaruhi proses memasak nasi. Misalnya nasi menjadi kuning dan berbau atau nasi mudah berkerak, hal ini tentunya mempengaruhi kesehatan dan kelembutan nasi tersebut.

2. Nasi Tidak Matang

Magic com yang tidak panas belum tentu tidak dapat digunakan, tetapi kemampuan magic com untuk menanak nasi dan menghangatkan nasi akan berkurang. Hal ini akan membuat proses memasak nasi menjadi tidak matang secara menyeluruh.

Baca Juga : Cara Membersihkan Magic Com Bagian Dalam dengan Benar

Oleh karena itu, mengingat pentingnya manfaat magic com dalam kehidupan sehari-hari, kamu perlu memperhatikan perawatan dan menjaganya supaya tetap optimal. Semoga artikel ini bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram