Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Magic Com Bagian Dalam dengan Benar

Cara Membersihkan Magic Com Bagian Dalam dengan Benar – Magic Com merupakan penanak nasi yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya kamu harus merawat alat ini dengan baik, termasuk membersihkannya.

Namun, ada cara khusus untuk membersihkan magic com bagian dalam. Apa saja? Simak cara membersihkan magic com bagian dalam dengan benar.

Cara Membersihkan Magic Com Bagian Dalam, Yuk Simak

Sebelum membersihkan magic com, kamu harus memperhatikan beberapa tindakan pencegahan dibawah ini. Tujuannya supaya kamu dapat mencuci magic com dengan aman.

Pastikan bagian kelistrikan tidak terkena air

Sebelum kamu menggunakan cara membersihkan magic com bagian dalam yaitu pastikan komponen kelistrikan tidak terkena air. Bagian dasar magic com yang terhubung ke listrik, terutama hot plate di dalam perangkat, harus selalu kering.

Melepaskan tutup dan panci

Lepaskan tutup dan panci magic com saat tidak terhubung ke daya listrik. Sehingga nantinya kamu akan melihat hot plate di dalamnya. Biarkan komponen menjadi dingin sepenuhnya sebelum dibersihkan.

Gascompsuperlock Home

Dinginkan magic com

Jika kamu baru menggunakannya, dinginkan magic com terlebih dahulu setidaknya selama 30 menit. Namun, waktu pendinginan bervariasi tergantung merk dan model magic com.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membaca petunjuk keselamatan yang biasanya disertakan di dalam kardus magic com.

Baca Juga : Penyebab Magic Com Tidak Panas, Nasi Bisa Bau!

Bersihkan Komponen Magic Com secara Terpisah

Kemudian, cara membersihkan magic com bagian dalam yaitu membersihkan komponen di dalamnya secara terpisah. Berikut penjelasannya.

  • Lepaskan panci bagian dalam dan biarkan dingin terlebih dahulu.
  • Cuci panci menggunakan sabun dan air hangat. Jika nasi memiliki kerak yang tebal, ada baiknya mengambilnya dengan sendok sebelum direndam.
  • Cuci alat magic com lainnya ketika panci direndam.
  • Jika ada kerak yang tersisa, kikis perlahan dengan sendok agar tidak menggores permukaan pot.
  • Bersihkan kembali panci menggunakan spons atau sikat. Bilas dengan air bersih.
  • Lepaskan tutupnya jika memungkinkan. Cuci dan bersihkan seperti bagian lain yang bisa dilepas.
  • Jika tidak dapat dilepas, gunakan spons yang telah direndam dalam larutan sabun di air hangat. Lap bersih dengan kain lembab.
  • Setelah dibersihkan, keringkan setiap bagian dalam magic com.

Gascompsuperlock Shopee

Cara Membersihkan Magic Com Bagian Dalam

Setelah bagian magic com yang dapat dipisahkan sudah bersih, sekarang bersihkan bagian dalamnya. Cara membersihkan magic com bagian dalam terbilang cukup mudah jika kamu melakukannya dengan hati-hati.

Bersihkan sisa kotoran dengan kain lembab. Pastikan semua area yang basah sudah mengering sebelum memasang kembali pot yang sudah dibersihkan. Kamu bisa juga menggunakan kertas pasir. Metode ini membantu mengikis kotoran yang sulit dihilangkan dari pelat panas yang terdapat pada bagian bawah.

Menggosok bagian ini dengan peralatan logam dapat merusak penanak nasi. Akibatnya, puing-puing sulit dihilangkan dan memengaruhi fungsionalitas. Sebagai gantinya, kikis pelat panas dengan sisi amplas yang kasar. Pastikan tidak ada kerak atau kotoran yang tersisa. Supaya lebih bersih, kamu dapat membersihkan sisa kotoran dengan kain lembab.

Jangan Lupa Bersihkan Bagian Luar

Selain bagian dalam, bagian luar juga harus kamu bersihkan. Pasalnya, sisa makanan dan kotoran, terutama kotoran masakan, dapat berceceran di bagian luar perangkat elektronik ini. Cobalah menggunakan larutan pembersih untuk noda yang membandel.

Semprotkan larutan pembersih ke kain dan gosok sampai noda benar-benar hilang. Kemudian gunakan kain lembab untuk menghilangkan sisa pembersih yang tersisa. Di sisi lain kabel magic com rentan terhadap kotoran dan noda, terutama jika berwarna putih atau abu-abu.

Metode pembersihannya juga sama, tetapi kamu harus membersihkannya dengan lembut. Pembersihan yang berlebihan atau terlalu kasar dapat merusak kabel. Seperti langkah lainnya, pastikan setiap bagian benar-benar kering sebelum dicolokkan kembali ke arus listrik.

Tips Membersihkan Magic Com

Berikut beberapa tips cara membersihkan magic com bagian dalam dan luar untuk hasil yang maksimal.

  • Bersihkan setelah digunakan dan biarkan pelat panas magic com dingin sebelum kamu membersihkannya.
  • Pastikan untuk membaca petunjuk pabrikan magic com.
  • Jangan meletakkan bahan pembersih di sekitar magic com atau pelat panas. Hindari menggunakan larutan pembersih jika perlu.
  • Gunakan kain lembab untuk menyerap bahan pembersih yang menetes ke pelat panas.
  • Pastikan semuanya benar-benar kering sebelum memasangnya.
  • Hindari menggunakan sabut gosok untuk mencegah goresan yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Busa Pada Minyak Goreng

Cara membersihkan magic com bagian dalam sesuai petunjuk akan memperpanjang masa penggunaannya. Mudah bukan? Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram