Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Oven Listrik Supaya Terlihat Seperti Baru

Cara Membersihkan Oven Listrik Supaya Terlihat Seperti Baru – Memasak menggunakan oven listrik pasti akan meninggalkan sisa-sisa yang bisa menjadi kerak. Butuh waktu dan tenaga ekstra untuk menghilangkan kerak membandel yang sudah menumpuk di dalam oven.

Apabila tidak dibersihkan, maka kerak sisa proses pemanggangan dapat memicu api. Noda dan kotoran kecil bisa dengan mudah membuat oven kamu berkarat dan tidak akan bertahan lama jika tidak segera dibersihkan.

Akibatnya, mau tidak mau kamu harus membersihkan remah-remah terkecil. Sebenarnya membersihkan oven listrik tidaklah sulit jika kamu mengetahui cara membersihkan oven listrik yang benar.

5 Cara Membersihkan Oven Listrik

1. Lepaskan Rak Besi Dari Oven

Cara membersihkan oven listrik yang pertama adalah kamu perlu melepas rak besi dari oven supaya kamu dapat membersihkan oven dan rak besi secara terpisah.

Gascompsuperlock Home

2. Bersihkan Bagian Dalam Oven

Cara membersihkan oven listrik selanjutnya yaitu membersihkan bagian dalam oven. Saat membersihkan bagian dalam oven, ada baiknya menggunakan baking soda. Kamu bisa menggunakan campuran baking soda dengan air. Caranya cukup mudah yaitu campurkan 4 sendok baking soda dengan segelas air dan tuangkan ke dalam botol semprot.

Kocok campuran baking soda dan air hingga larut, kemudian semprotkan ke sudut oven dan area oven yang berkerak. Diamkan sekitar 1 jam atau sampai kerak menjadi lunak dan mudah dibersihkan. Lap bersih dengan kain yang dibasahi air hangat.

Baca Juga : Cara Menambal Panci Bocor Dengan Pepsodent

Lalu campurkan garam dan baking soda. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan kerak yang membandel. Saat mencampurkan garam dengan baking soda, tambahkan sedikit air agar campuran tersebut menjadi kental seperti krim.

Kemudian semprotkan area yang berkarat dengan air hangat dan oleskan campuran baking soda dan garam sampai seluruh kerak tertutup. Diamkan selama beberapa jam. Selanjutnya bersihkan dengan kain basah.

Langkah selanjutnya mencampurkan air, cuka, dan garam ke dalam botol semprot. Semprotkan bagian dalam oven secara merata. Atur oven ke suhu terendah dan panaskan sekitar 5 menit. Jika panas pada oven sudah hilang, bersihkan dengan kain kering.

Selanjutnya tuangkan perasan lemon ke dalam semangkuk air. Tempatkan mangkuk campuran lemon ke dalam oven dan atur dalam suhu tinggi. Panaskan sekitar 5 menit. Biarkan terlebih dahulu 10 menit berikutnya. Uap dari lemon sangat bagus untuk menghilangkan karat dan kerak yang terdapat di dalam oven. Kemudian lap dan bersihkan.

Gascompsuperlock Shopee

3. Bersihkan Rak Besi

Kamu dapat menggunakan kulit jeruk nipis untuk membersihkan rak yang berkerak dengan cara digosok berulang kali pada bagian kerak.

Selain kulit jeruk, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi. Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok kerak yang sudah dilapisi pasta gigi hingga tidak ada kerak yang tersisa.

4. Bersihkan Bagian Luar

Cara membersihkan oven listrik berikutnya adalah membersihkan bagian luar oven. Setelah bagian dalam oven sudah bersih, bersihkan juga bagian luar oven dengan sabun cuci piring dan spons. Gunakan kain yang dibasahi air hangat terlebih dahulu.

5. Biarkan Mengering dan Pasang Kembali Seperti Semula

Sekarang oven sudah bersih. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Bersihkan oven dengan kain kering dan biarkan hingga semua permukaannya kering. Pasang kembali rak besi ke tempatnya. Setelah selesai, oven bisa digunakan kembali.

Baca Juga : Makanan Yang Tidak Bikin Gemuk di Malam Hari

Itulah cara membersihkan oven listrik yang perlu kamu lakukan supaya kerak membandel tidak ada lagi yang menempel pada oven kamu. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram