Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Pasang Kran Wastafel Dengan Mudah

Cara Pasang Kran Wastafel Dengan Mudah – Fungsi kran wastafel dapur sangatlah penting, oleh karena itu, pemasangannya juga harus kamu lakukan dengan benar. Memasang kran wastafel sebenarnya cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Berikut petunjuk pemasangan yang bisa kamu jadikan referensi di rumah.

Cara Pasang Kran Wastafel di Dapur

1. Matikan Pipa Air Panas dan Dingin

Beberapa kran wastafel memiliki dua jenis pipa yaitu pipa panas dan dingin. Sebelum memasang kran wastafel, pastikan pipa yang ada di bawah wastafel sudah dimatikan dan putar searah jarum jam.

2. Biarkan Kran Dapur Terbuka

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan aliran air yang ada sudah terhenti.

3. Buka Kran Dapur

Tujuannya untuk memastikan bahwa saluran air sudah tertutup. Pastikan air di setiap kran benar-benar habis dan tidak ada air yang tersisa.

Gascompsuperlock Home

4. Lepaskan Kran Dapur

Sebelum melepas kran, pastikan melepas sekrup yang mengunci kran pada wastafel. Umumnya sekrup terletak di bawah wastafel. Di sisi lain, jika sekrup berada di bagian atas wastafel, kamu perlu melepas dudukan dibawah dan pegangan kran untuk melepas sekrup.

5. Bersihkan Wastafel

Setelah melepas sekrup, langkah selanjutnya yaitu membersihkan permukaan wastafel supaya kran baru dapat dipasang di permukaan yang bersih. Gunakan pisau dempul untuk menghilangkan kotoran dan menghilangkan karat atau jamur.

Gascompsuperlock Tokopedia

6. Pasang Dempul Baru ke Dudukan Kran

Jika kran yang kamu gunakan memiliki dudukan karet atau plastik, pasangkan pada lubang yang tersedia. Sebaliknya, jika kran berada di pelat dudukan karet, maka pasang dempul di dudukan keran. Tempatkan dempul pada dudukan keran dan tekan secara perlahan.

7. Pasang Kran Baru

Setiap kran biasanya dilengkapi dengan petunjuk cara merakit dan memasang plat dudukan. Ikuti instruksi produsen kran yang kamu miliki. Kencangkan kedua sekrup ke pelat dudukan. Kemudian pasang kran.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus di Rumah, Praktis dan Ampuh

8. Ingatlah Untuk Memasang Dudukan Kran dan Cincin Penutup

Pastikan sekrup yang sudah kamu pasang benar-benar kencang. Tekan plat dudukan dan kran di bagian tengah memakai mur atau cincin penutup. Ingatlah untuk mengikuti petunjuk produsen dan kencangkan mur dengan tangan. Pastikan pelat dudukan berada di tempat yang benar dan terpasang dengan kuat.

9. Bersihkan Wastafel

Setelah itu, gunakan pisau kater atau pisau dempul untuk membersihkan sisa dempul yang biasanya tertinggal di wastafel atau kran.

10. Sambungkan Pipa Air

Setelah semuanya selesai, kamu dapat menyambungkan kembali pipa air yang sebelumnya kamu matikan. Kencangkan dengan tangan saluran air yang menghubungkan penerima pipa air ke keran. Kemudian kencangkan pipa air dengan kunci inggris.

Baca Juga : Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit, Terbukti Ampuh!

11. Nyalakan Air

Sesudah memastikan kran dapur dalam keadaan mati, kemudian nyalakan kembali aliran air. Perhatikan terhadap kebocoran dan rembesan saat memutar atau menutup kran. Jika tidak ada kebocoran, kran wastafel kamu siap digunakan.

Itulah beberapa cara pasang kran wastafel dengan mudah yang bisa kamu coba di rumah. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram