Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit, Terbukti Ampuh!

Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit, Terbukti Ampuh! – Bagaimana cara menata kontrakan yang sempit? Apakah saat ini kamu tinggal di kontrakan yang sempit atau kecil? Mengelola rumah kontrakan yang kecil merupakan tantangan tersendiri.

Selain itu, rumah kontrakan juga tidak dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan seseorang. Sebelum kamu merenovasi rumah kontrakan, kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pemiliknya. Misalnya saat menambahkan jendela atau partisi semi permanen. Lantas bagaimana cara menata rumah kontrakan sempit tanpa mengubah strukturnya? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

7 Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit

1. Menggabungkan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga tentunya terdapat fungsi yang berbeda. Jika luas kontrakan kamu terbatas. Tidak masalah untuk menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Dengan begitu kamu akan memiliki satu ruangan khusus untuk menyambut tamu dan bersantai bersama keluarga.

Apalagi ruang tamu dan ruang keluarga sebenarnya sangat mirip, sehingga akan membuat rumah kontrakan lebih multifungsi. Keduanya memiliki perabotan yang sama seperti sofa dan kursi. Kamu bisa menggunakan gaya minimalis agar ruangan tidak terasa sempit. Letakkan furniture yang kamu butuhkan seperti sofa, meja, kipas angin dan TV agar ruangan terlihat lebih luas.

Gascompsuperlock Home

2. Gunakan Tempat Tidur Multifungsi atau Tempat Tidur Susun

Cara menata rumah kontrakan sempit selanjutnya yaitu dengan memperhatikan jenis tempat tidur yang kamu gunakan. Di kamar utama, kamu dapat menggunakan tempat tidur multifungsi dengan laci khusus untuk menyimpan barang-barang di bawahnya.

Dengan cara ini, kamu dapat menyimpan pakaian dan barang berharga lainnya. Hal ini juga akan menghemat ruang dan tidak membutuhkan lemari besar. Sedangkan untuk kamar anak, jika kamu memiliki lebih dari satu anak, kamu dapat menggunakan ranjang susun.

Jika tempat tidur susun tidak sesuai untuk rumah kontrakan. Kamu dapat mencoba opsi lain dengan kasur lantai yang dapat dilipat. Letakkan tikar/karpet di bawah kasur supaya kasur tetap bersih.

Dengan menggunakan tempat tidur lipat seperti itu, kamu dapat menghemat banyak ruang di dalam kamar. Gulung saat ingin tidur, dan gulung lagi saat tidak digunakan.

3. Gabung Ruang Makan dan Dapur

Untuk lebih menghemat tempat, cara menata rumah kontrakan sempit biasanya terdapat satu ruangan khusus yang bisa digunakan sebagai ruang makan dan dapur. Usahakan konsep ruang makan dan dapur dibuat seminimalis mungkin supaya terlihat lega.

Gunakan satu lemari piring berukuran sedang untuk menyimpan piring, gelas, dan semua perkakas serta peralatan makan untuk penataan yang lebih mudah. Sedangkan untuk bagian memasak, kontrakan biasanya dilengkapi dengan area memasak seperti kitchen set dengan wastafel.

Bagian bawah biasanya dibiarkan kosong. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakannya sebagai tempat penyimpanan peralatan memasak yang besar dan berat. Selain itu, kamu dapat menambahkan kabin dapur di bagian atas untuk meletakkan bahan masakan.

Kamu bisa meletakkan kulkas di sudut atau di sela ruangan. Meja dan kursi makan diletakkan di tengah ruangan sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Gascompsuperlock Shopee

4. Beli Barang Serba Portabel

Seperti yang kamu ketahui, rumah kontrakan merupakan rumah yang disewakan untuk jangka waktu tertentu. Artinya, kamu hanya bisa tinggal sementara. Untuk itu, sangat disarankan untuk membawa barang-barang portable yang mudah dipindahkan.

Usahakan juga untuk membeli barang dan koleksi yang tidak berlebihan. Jangan membeli barang yang tidak kamu perlukan nantinya. Karena selain tidak berguna, barang-barang tersebut hanya mempersempit ruangan.

5. Gantung Cermin Besar di Tengah Ruangan

Cara menata rumah kontrakan sempit berikutnya yaitu dengan menempatkan cermin besar di tengah ruangan. Misalnya menempatkan di ruang tamu dan ruang keluarga. Setidaknya cermin bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

Cermin besar bisa menciptakan ilusi optik di ruangan kecil dan membuat ruangan tampak lebih luas. Pilihlah cermin dengan bingkai minimalis supaya tidak terlalu meriah. Bersihkan cermin secara teratur agar tetap bersih.

Baca Juga : Cara Pasang Kran Wastafel Dengan Mudah

6. Pastikan Cahaya dan Udara Dapat Masuk dengan Maksimal

Kamu dapat mengoptimalkan jalur cahaya dan udara dengan banyak cara tanpa harus mengubah rumah tersebut. Biasanya pada rumah kontrakan, jendela diletakkan di bagian depan rumah. Tentu saja, kamu tidak dapat mengubah ukuran jendela tanpa izin pemiliknya.

Untuk asupan cahaya dan udara yang lebih baik, pilih gorden atau tirai yang terbuat dari bahan yang ringan agar ruangan tidak terasa sumpek, bersihkan jendela agar bebas dari debu, dan buka jendela sesekali saat berada di rumah.

7. Tata Ruang Secara Vertikal

Penataan ruang vertikal mengacu pada penataan objek. Sebagai contoh, gunakan rak dinding untuk menyimpan barang kecil. Selain itu, gunakan lemari sepatu untuk menjaga sepatu kamu tetap rapi dan tidak berantakan.

8. Menjaga Ruangan Tetap Bersih dan Rapi

Sebesar apapun ruangan kamu, jika berantakan dan kotor, maka akan terasa sumpek dan sempit. Jadi langkah selanjutnya adalah menjaganya tetap bersih dan rapi setiap saat. Penempatan barang yang tepat dan lingkungan hidup yang bersih, akan menjadikan rumah kontrakan terasa lebih nyaman.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Blender Bau Gosong

Itulah beberapa cara menata rumah kontrakan sempit yang bisa kamu lakukan. Cara-cara tersebut cukup mudah bukan? Maksimalkan fungsi ruang, pilih perabotan yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan dan jaga kebersihannya. Semoga membantu! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram