Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memperbaiki Blender Bau Gosong

Cara Memperbaiki Blender Bau Gosong – Blender adalah salah satu perabotan elektronik yang sangat dibutuhkan saat ini. Blender banyak digunakan untuk menghaluskan bumbu dan berbagai bahan makanan secara cepat.

Kamu juga dapat menggunakan cobek atau penghalus manual. Bahkan, cara ini juga dipercaya bisa membuat makanan lebih enak. Namun, jika kamu menginginkan kecepatan, sebaiknya gunakan blender.

Akan tetapi, blender mudah rusak karena sering digunakan untuk memblender bahan makanan. Tentu saja, hal ini bisa menjadi kerugian karena harga blender yang sangat mahal.

Penyebab cepat rusaknya blender seringkali tidak diketahui. Sehingga blender mudah rusak saat digunakan. Lalu apa yang menyebabkan blender tersebut cepat rusak? Berikut penyebab blender kamu mudah rusak dan tidak bisa digunakan.

Penyebab Blender Cepat Rusak

Ternyata, kebiasaan yang salah dalam menggunakan blender bisa menyebabkan blender sering rusak. Jika kamu mengikuti kebiasaan dibawah ini, jangan heran apabila blender yang kamu gunakan akan cepat rusak walaupun masih baru digunakan.

Gascompsuperlock Home

1. Urutan Bahan Yang Salah

Biasanya ada beberapa orang yang mengikuti resep dalam memasukkan bahan makanan, namun sebenarnya terdapat aturan ketika memasukkan bahan makanan ke dalam blender supaya blender tidak cepat rusak.

Tambahkan bahan kering, sayuran hijau, buah-buahan, dan lain sebagainya. Selanjutnya tambahkan es dan bahan beku untuk menghindari kerusakan. Hal ini memungkinkan mata pisau bekerja secara efisien dan menghasilkan hasil akhir dengan tekstur yang halus.

2. Terlalu Dekat Dengan Tembok

Blender berkecepatan tinggi dilengkapi dengan kipas pendingin yang menjaga unit dari panas yang berlebih, disarankan untuk menjauhkannya dari dinding dan ruang tertutup lainnya ketika kamu menggunakan blender. Tentunya hal ini akan menjaga kipas tetap bekerja sehingga mesin tidak terlalu panas.

Gascompsuperlock Lazada

3. Membiarkan Makanan Mengering di Dalam Wadah Blender

Mencuci tabung blender setelah digunakan mungkin terasa sangat merepotkan karena sisa bahan makanan lebih sulit dibersihkan. Selain itu, bahan makanan yang lengket seperti selai kacang dan buah dapat menyumbat wadah dan merusak mata pisaunya.

4. Menyimpan Wadah Blender di Dalam Kulkas

Setelah bahan makanan dihaluskan menggunakan blender, jangan memasukkan wadah blender ke dalam kulkas karena adanya perubahan suhu yang dapat membebani blender, terutama komponen bantalan blender yang menyebabkan kerusakan lebih cepat.

Baca Juga : Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit, Terbukti Ampuh!

Bahan Makanan Yang Tidak Boleh Diblender

Selain kebiasaan kamu menggunakan blender, bahan yang kamu haluskan juga mempengaruhi keawetan blender. Berikut bahan dapur yang harus dihindari saat menggunakan blender.

1. Makanan Beku

Hindari menggunakan blender untuk menghaluskan makanan beku karena teksturnya yang keras akan merusak blender. Selain itu, potongan makanan beku tidak bisa tercampur secara merata.

2. Kentang

Apakah kamu pernah mencoba menghaluskan kentang menggunakan blender? Walaupun kelihatannya mudah dan tidak merepotkan, metode ini sangat tidak disarankan. Karena pati yang terkandung dalam kentang akan terlepas sehingga merusak hidangan itu sendiri.

3. Tulang

Memasukkan tulang ke dalam blender adalah salah satu hal yang dapat merusak blender. Jangan pernah memasukkan tulang kecil ke dalam blender. Dalam kondisi ini, blender akan macet dan merusak mata pisau.

4. Es Batu

Memasukkan es batu ke dalam blender dapat merusak blender karena tekstur es batu sangat sulit untuk dihancurkan. Saat menggunakan blender untuk menghaluskan es batu, berhati-hatilah terhadap mata pisau yang bisa menjadi tumpul atau patah. Baca aturan penggunaan blender terlebih dahulu untuk mengetahui apakah dapat digunakan dengan aman untuk menghancurkan es.

5. Memasukkan Cairan Panas

Memasukkan cairan panas ke dalam blender adalah kesalahan yang fatal. Cairan panas dapat mengeluarkan uap dan menciptakan tekanan yang dapat mengenai siapa saja di dekatnya.

Selalu dinginkan cairan panas sebelum memasukkannya ke dalam blender. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan buruk dalam menggunakan blender agar tidak cepat rusak.

Baca Juga : 15 Inspirasi Keramik Dinding Dapur Yang Bagus

Cara Membuat Pisau Blender Tajam Kembali

Jika mata pisau blender cukup kecil, ternyata terdapat cara cepat dan mudah untuk mengasahnya kembali. Dengan cara ini, blender yang sebelumnya kurang optimal dalam menghaluskan bahan makanan dapat diasah kembali. Sehingga pisau yang sebelumnya tumpul bisa digunakan dengan maksimal. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

Untuk mengasah mata pisau blender berukuran kecil dan bersudut, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil garam kasar yang bisa kamu temukan di pasaran.

Caranya yaitu dengan menggiling garam kasar ke dalam blender dalam jangka waktu sekali atau dua kali dalam sebulan. Melakukannya secara rutin dan bertahap akan mempertajam kondisi pisau blender kamu.

Pasalnya, terdapat kristal garam yang sangat keras dan mampu mengasah kembali mata pisau blender dengan sempurna. Cara ini juga tidak akan merusak blender, sehingga kamu bisa mencobanya dirumah. Itulah beberapa cara memperbaiki blender bau gosong yang bisa kamu lakukan. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram