Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Mengatasi Gas Tidak Naik Ke Kompor dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Gas Tidak Naik Ke Kompor dan Penyebabnya – Jangan khawatir, pada artikel ini akan menjelaskan kepada kamu apa yang harus dilakukan jika gas tidak naik ke kompor.

Walaupun kamu sudah mengganti gas dengan yang baru tetapi kompor gas tidak mau hidup, hal tersebut biasanya terjadi karena gas tidak naik ke kompor. Akibatnya, gas tidak akan mengalir sehingga kamu tidak akan bisa menyalakan kompor gas di rumah.

Cara mengatasi gas tidak naik ke kompor adalah dengan mengetahui terlebih dahulu berbagai penyebab gas tidak naik ke kompor.

Sehingga kamu tahu solusi mana yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk simak beberapa penyebab dan cara mengatasi gas tidak naik ke kompor serta solusi sederhananya.

Penyebab Gas Tidak Naik Ke Kompor

Kamu mungkin merasa bingung mengapa kompor gas tidak mau menyala setelah kamu mengganti tabung gas.

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasi gas tidak naik ke kompor, lihat penyebabnya di bawah ini. Berikut ini adalah penyebab gas tidak naik ke kompor.

  • Terdapat sumbatan pada kompor, mulai dari bagian kompor sampai selang gas.
  • Terdapat masalah dengan regulator, sehingga mengakibatkan gas tidak naik.
  • Selang gas mengalami kebocoran kecil sehingga gas tidak naik ke kompor.
  • Kompor gas kotor sehingga menghalangi api yang akan menyala.
  • Pemantik gas pada kompor rusak.

Gascompsuperlock Home

5 Cara Mengatasi Gas Tidak Naik Ke Kompor

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab kompor gas tidak menyala, salah satunya yaitu gas tidak naik ke kompor. Berikut cara mengatasi gas tidak naik ke kompor dengan mudah di rumah.

1. Bersihkan Kompor Gas Supaya Tidak Tersumbat

Setelah kamu mengganti gas dengan yang baru, terkadang api kompor gas tidak menyala. Apabila hal ini terjadi, mungkin karena aliran gas dari tabung LPG ke kompor tersumbat.

Bagaimana cara mengatasi gas tidak naik ke kompor? Ternyata, selang dan regulator kompor yang rusak sering menjadi penyebab tersumbatnya saluran kompor.

Kamu dapat mengatasi masalah tersebut dengan membersihkan kompor gas secara rutin. Kemudian atur ulang pemasangan regulator dan selang kompor.

Pastikan terpasang dengan aman untuk mencegah kebocoran. Selalu gunakan karet supaya regulator gas selalu rapat pada bagian ujungnya.

2. Bersihkan Kompor dari Kerak

Kompor gas yang kotor khususnya pada area tungku, dapat menjadi penyebab utama gas tidak naik ke kompor. Hal ini karena kotoran yang membandel dapat menyumbat bagian tungku dan menghalangi api untuk menyala.

Oleh karena itu, cara mengatasi gas tidak naik ke kompor ini dapat kamu lakukan dengan membersihkan kompor dari kerak yang membandel. Dengan cara ini, api dapat menyala secara merata.

Baca Juga : Ukuran Meja Bar Dapur Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Pasang Regulator dengan Benar

Regulator adalah bagian penting yang harus ada, karena berfungsi untuk menghubungkan antara selang, kompor, dan tabung LPG.

Apabila regulator bermasalah, maka aliran gas ke kompor akan terhambat sehingga api tidak akan menyala. Bahkan, masalah ini dapat mengakibatkan kompor kamu tidak menyala setelah mengganti tabung gas.

Hal tersebut sering disebabkan oleh bola-bola gotri yang menghalangi lubang ventilator gas. Cara mengatasi gas tidak naik ke kompor ini, ketuk bagian atas regulator beberapa kali untuk memposisikan ulang bola-bola gotri tersebut.

4. Periksa Selang Secara Rutin, Ganti Jika Bocor

Cara mengatasi gas tidak naik ke kompor selanjutnya yaitu memeriksa bagian selang. Selang merupakan bagian yang mengalirkan gas dari tabung LPG ke kompor.

Apabila terjadi kebocoran pada selang, maka secara otomatis gas yang ada di tabung akan berhenti menyalurkan ke kompor.

Gascompsuperlock Shopee

Untuk memastikan kebocoran pada bagian selang, kamu dapat mencium bagian tersebut. Apakah ada bau gas yang menyengat dari selang atau tidak. Jika di dapur kamu tercium bau gas yang menyengat, mungkin kamu mengalami kebocoran selang.

Sehingga menjadi penyebab kompor gas tidak mau menyala walaupun sudah ganti tabung. Untuk mengatasi masalah tersebut, segera ganti selang menggunakan yang baru.

5. Perhatikan Knop Kompor Gas

Knop kompor gas mempunyai peran penting sebagai pemantik api untuk menyalakan kompor gas. Bagian ini akan berfungsi apabila diputar. Namun, jika knopnya kotor, maka dapat mengakibatkan gas tidak naik ke kompor. Oleh karena itu, bersihkan knop secara teratur dan gunakan dengan benar.

Baca Juga : 4 Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Cuka Dan Sunlight

Itulah beberapa cara mengatasi gas tidak naik ke kompor dan penyebabnya yang perlu kamu ketahui. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram