Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

4 Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Cuka Dan Sunlight

4 Cara Membersihkan Kompor Gas Dengan Cuka Dan Sunlight – Membersihkan kompor gas menggunakan cuka dan sunlight dapat menghilangkan kotoran dan noda membandel dengan lebih mudah.

Kompor gas adalah peralatan masak yang perlu kamu jaga kebersihannya. Karena itulah Gascomp memberikan tips terbaik untuk membersihkan kompor di rumah dengan alat sederhana.

Cuka dan sunlight adalah bahan umum yang tersedia di dapur. Tidak ada keraguan tentang manfaat dari keduanya. Contohnya sunlight, sabun pencuci piring ini bekerja secara efektif untuk membersihkan noda membandel yang terdapat pada peralatan masak sehari-hari.

Kompor merupakan alat rumah tangga yang cepat kotor. Menjaganya tetap bersih dan terawat sangat penting supaya kinerja kompor gas tidak terganggu.

Sisa makanan yang tidak kamu bersihkan bisa mengganggu pembakaran kompor gas. Sehingga akan menyebabkan nyala api yang tidak maksimal. Dengan begitu, kamu tidak dapat memasak menggunakan kompor gas.

Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Cuka dan Sunlight, Kamu Harus Mencobanya!

Membersihkan kompor gas dengan kedua bahan ini tidaklah sulit. Namun, kamu harus berhati-hati, jangan asal-asalan saat membersihkan. Terdapat beberapa aturan yang harus kamu ikuti supaya tidak melakukan hal yang akan mempengaruhi kinerja kompor kamu.

Pembersihan yang tepat akan membuat kompor kamu bersih maksimal tanpa mempengaruhi kinerja kompor. Apabila kamu mengabaikan cara ini dan melakukan kesalahan, tentunya akan merusak kompor gas.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan kompor gas dengan benar dalam menggunakan cuka atau sunlight. Berikut beberapa cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight yang bisa kamu terapkan di rumah.

Gascompsuperlock Home

1. Menggunakan Cuka dan Sunlight

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight sebenarnya cukup mudah. Cuka diketahui memiliki sifat asam dan sangat efektif dalam membersihkan noda yang membandel. Cuka bisa juga digunakan untuk menghilangkan kerak pada kompor.

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight yang pertama yaitu oleskan larutan cuka secara merata ke area kompor yang berkerak. Setelah itu, bersihkan kotoran tersebut dengan sikat gigi, lalu bilas.

Selain cuka, kamu juga dapat merendam ring kompor dengan air yang sudah dicampur sunlight. Lepaskan ring kompor. Selanjutnya rendam ring ke dalam air yang dicampur sunlight atau bisa juga menggunakan air panas. Setelah itu diamkan selama 2-4 jam, kemudian gosok sampai noda membandel terangkat, lalu bilas dengan air bersih.

2. Membersihkan Tutup Kompor Gas

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight perlu kamu perhatikan agar tidak mempengaruhi kinerja kompor. Apalagi saat membuka tutup kompor.

Pastikan kompor dalam keadaan dingin setelah digunakan sebelum kamu membersihkannya. Setelah kompor dalam keadaan dingin, kamu dapat mulai melepas tutup kompor.

Kemudian letakkan tutup kompor di bak wastafell dan bersihkan dengan larutan pembersih sunlight menggunakan spons. Gosok sampai seluruh permukaan tutup kompor terlihat bersih. Apabila terdapat noda membandel, gunakan cuka untuk membersihkannya.

Sikat seluruh bagian tutup kompor sampai bersih dari kotoran, kemudian diamkan sekitar 20 menit agar semua kotoran terangkat. Selanjutnya segera bilas menggunakan air bersih dan biarkan tutup kompor mengering sebelum digunakan kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gas Tidak Naik Ke Kompor dan Penyebabnya

3. Membersihkan Kepala Burner Kompor Gas

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight berikutnya yaitu membersihkan kepala burner kompor gas. Sebelum melakukan ini, pastikan kompor gas benar-benar mati, lalu bersihkan burner kompor menggunakan lap.

Berhati-hatilah saat membersihkan sumbatan pada kompor gas. Kotoran di celah kompor dapat dihilangkan menggunakan peniti. Kamu juga dapat menggunakan campuran air dan cuka, kemudian menyemprotkan ke area tersebut untuk menghilangkan kotoran.

Selanjutnya gosok seluruh permukaan kepala burner kompor gas sampai kotoran terangkat dan benar-benar hilang. Terakhir, lap burner kompor gas hingga kering sebelum menyalakannya kembali.

4. Bersihkan Permukaan Kompor Gas

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight selanjutnya adalah membersihkan permukaan kompor. Pertama, bersihkan permukaan kompor dengan kain lembab untuk menghilangkan kotoran atau minyak yang terdapat pada permukaan kompor.

Sunlight bisa kamu gunakan untuk mengangkat noda makanan dan noda minyak pada permukaan kompor gas. Kamu juga bisa menghilangkan noda membandel dengan cuka, bersihkan dengan spons dan sikat.

Kemudian, diamkan selama 10-15 menit hingga kotoran benar-benar hilang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sikat kembali permukaan secara menyeluruh. Selanjutnya bilas permukaan kompor dengan air bersih dan keringkan sebelum digunakan kembali.

Gascompsuperlock Lazada

Tips Membersihkan Tungku di Rumah

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight sebenarnya sangat mudah. Tetapi, terdapat aturan yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan kompor gas. Perlu diketahui bahwa mencuci bagian tungku kompor dengan air sabun akan menyebabkan nyala api yang tidak maksimal.

Apabila kompor kamu lembap atau basah, maka akan sangat mempengaruhi kualitas api pada kompor. Oleh karena itu, hindari penggunaan air sabun saat membersihkan tungku.

Bersihkan tungku kompor dengan krim khusus, lalu biarkan sebentar dan gosok. Bagian tungku ini tidak boleh terkena cairan atau air yang membasahi permukaan.

Saat ini, ada banyak jenis larutan yang berfungsi sebagai cairan pembersih kompor. Kamu bisa menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Misalnya sunlight dan cuka yang tentunya mudah didapatkan.

Baca Juga : Dapur Minimalis Granit Hitam & Indah Dilihat

Cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan sunlight relatif mudah dan efektif jika kamu memperhatikan hal-hal di atas. Dengan demikian, kompor gas kamu menjadi lebih bersih dan terhindar dari kuman atau bakteri. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram