Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Wastafel Keramik Dengan Mudah

Cara Membersihkan Wastafel Keramik Dengan Mudah – salah satu hal terpenting di dapur adalah merawat wastafel. Cara membersihkan wastafel keramik diperlukan untuk menjaga wastafel senantiasa tetap bersih.

Sisa makanan dan kotoran dari peralatan makan sering menjadi penyebab wastafel menjadi kotor, terlebih lagi bisa menyebabkan saluran mampet. Pembersihan yang rutin akan melindungi wastafel kamu dari hal yang tidak terduga.

Untuk membersihkannya, kamu harus melakukan beberapa persiapan supaya semuanya berjalan dengan lancar. Berikut beberapa bahan dan alat yang perlu kamu siapkan.

  • Sabun cuci piring
  • Cuka putih yang telah disaring
  • Soda kue
  • Spons atau kain
  • Sikat gigi bekas
  • Kertas tisu
  • Mangkuk kecil
  • Kain bersih

Hindari menggunakan terlalu banyak pemutih atau produk yang mengandung amonia dalam membersihkan wastafel karena akan merusak material wastafel.

Wastafel terbuat dari material yang berbeda-beda, oleh karena itu metode pembersihannya juga berbeda. Hindari penggunaan bahan dan alat yang salah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membersihkan wastafel agar tetap terlihat seperti baru.

Gascompsuperlock Home

Cara Membersihkan Wastafel Keramik atau Baja Ringan

Basahi seluruh permukaan wastafel menggunakan air hangat, taburkan baking soda di atas wastafel, kemudian gosok menggunakan kain atau spons.

Sifat alkali dari baking soda membantu menghilangkan kotoran, buih sabun, pasta gigi yang menempel, dan rambut yang menempel. Menggunakan cara membersihkan wastafel keramik ini akan membuat wastafel lebih bersih dari biasanya.

Selanjutnya, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok dempulan di area wastafel, keran, dan di bawah karet pembuangan saluran air. Bersihkan karet pada bagian bawah penutup pembuangan karena seringkali kotor.

Cuci sikat gigi bekas sesering mungkin dan tambahkan soda kue apabila dibutuhkan. Selanjutnya, bilas wastafel secara menyeluruh dengan air, pastikan untuk menghilangkan sisa soda kue dari permukaan wastafel. Bersihkan wastafel dengan kain bersih hingga kering.

Kemudian tuangkan 1-2 cangkir cuka putih ke dalam mangkuk kecil. Keasaman cuka membantu membersihkan permukaan wastafel. Rendam 5-10 kertas tisu di dalam baskom (jumlahnya tergantung ukuran wastafel).

Tutupi seluruh wastafel menggunakan kertas tisu dan diamkan sekitar 20 menit. Setelah selesai, keluarkan kertas tisu dan buang pada tempat sampah. Terakhir, bilas kembali wastafel menggunakan air hangat dan sabun cuci piring cair untuk menghilangkan sisa cuka.

Baca Juga : Jendela Dapur Kecil Minimalis Anti Pengap!

Cara Membersihkan Wastafel Keramik dan Kotoran Pada Wastafel

Membersihkan wastafel memang terlihat mudah, tetapi membutuhkan perhatian terhadap detail yang tidak boleh diabaikan. Pembersihan harian menggunakan kain lembab akan menghilangkan noda, tetapi kamu harus membersihkannya seminggu sekali.

Cara membersihkan wastafel keramik yang benar-benar bebas noda, kamu harus menggunakan pembersih yang efektif dan sedikit scrub untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan bau. Berikut beberapa cara membersihkan wastafel keramik dan kotoran yang ada pada wastafel.

1. Gunakan Sikat Gigi Bekas

Sebagian besar wastafel bisa dibersihkan menggunakan semprotan pembersih biasa dan kain lembut. Untuk pilihan yang lainnya, campurkan detergen lembut atau cuka putih menggunakan air agar dapat menghilangkan noda.

Untuk pembersihan menyeluruh, gunakan sikat gigi bekas atau sikat kecil berbulu lembut lainnya. Untuk pembersihan harian, simpan kain lap bersih dalam jumlah yang cukup di dekat wastafel untuk memudahkan pembersihan setelah digunakan.

Namun, cara terbaik dalam membersihkan wastafel tergantung pada jenis material wastafel tersebut. Jangan gunakan pembersih abrasif atau alat seperti sabut gosok atau sikat berbulu pada wastafel keramik atau porselen karena bisa menggores permukaannya.

Jika kamu memiliki wastafel batu alam, kamu hanya boleh membersihkannya menggunakan sabun lembut dan air, atau pembersih batu yang dirancang khusus untuk bahan tersebut.

Untuk menghindari lubang dan kerusakan permukaan lainnya, jangan gunakan pembersih abrasif, pembersih keras, atau asam seperti cuka atau sari lemon untuk membersihkan wastafel batu alam.

Jika kamu memiliki wastafel logam seperti baja tahan karat, tembaga, dan perunggu, harus dibersihkan secara menyeluruh dengan sabun lembut dan air, atau detergen yang cocok untuk logam tersebut.

Gascompsuperlock Lazada

2. Rendam Menggunakan Air Panas

Merendam wastafel menggunakan air panas merupakan metode pembersihan sederhana yang bisa kamu coba. Isi wastafel setinggi beberapa inci dan tuangkan satu atau dua cangkir sabun cuci piring dan cuka putih.

Gosok campuran tersebut di area keran. Bersihkan wastafel menggunakan kain yang dibasahi air. Diamkan air meresap selama 10 menit, kemudian tiriskan wastafel, bilas dan keringkan.

Seka wastafel menggunakan kain kering. Campuran cuka dan air ini bertujuan untuk menghilangkan kerak dan residu sabun karena keasaman cuka. Sehingga semuanya tetap bersih dan berkilau.

Kamu juga bisa menggunakan pembersih, semprotkan ke seluruh permukaan wastafel, biarkan selama kurang lebih 30 detik, kemudian bersihkan dengan kain bersih. Untuk mendisinfeksi wastafel kamu, basahi permukaannya dengan semprotan disinfektan. Disinfeksi setidaknya selama 10 menit sebelum menyeka.

3. Menghilangkan Jamur pada Wastafel

Apabila wastafel kamu berjamur, kamu perlu menyediakan campuran pemutih, air hangat, dan sikat pembersih. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

Rendam sikat pembersih pada larutan pemutih. Bersihkan wastafel dari jamur dan noda jamur. Bilas wastafel menggunakan air hangat. Keringkan menggunakan kain lembut.

Gunakan botol semprot kecil untuk menyemprot bagian yang sulit dijangkau seperti rongga di bawah keran. Cukup semprot dengan pemutih dan sikat sampai jamur dan lumut hilang.

Baca Juga : Cara Menambal Wajan Bocor, Trik Antigagal!

4. Cara Membersihkan Saluran Pembuangan Wastafel

Saluran pembuangan merupakan area wastafel yang paling perlu dibersihkan. Bersihkan saluran pembuangan wastafel kamu setiap minggu untuk mencegah penyumbatan.

Lepas sumbat pengurasan, buang kotoran yang terkumpul, cuci sumbatan tersebut dengan air, kemudian pasang kembali. Hal ini bertujuan untuk mencegah puing-puing kecil menumpuk di saluran pembuangan.

Dengan menjaga kebersihan saluran pembuangan wastafel, kamu juga bisa mencegah timbulnya bau yang tidak sedap pada area wastafel. Bakteri pada saluran air bisa bertambah buruk dari waktu ke waktu dan menyebabkan bau.

Itulah beberapa cara membersihkan wastafel keramik yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram