Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Tanda Tanda Kompor Gas Akan Meledak, Waspada!

Tanda Tanda Kompor Gas Akan Meledak, Waspada! – Saat ini hampir semua pemilik rumah menggunakan kompor gas untuk aktivitas memasak sehari-hari.

Menggunakan kompor dengan tabung gas tidak hanya mempermudah proses memasak, tetapi keamanan juga menjadi pertimbangan. Namun, kompor gas dapat mengalami masalah seiring waktu pemakaiannya dan menyebabkan ledakan yang fatal.

Tanda tanda kompor gas akan meledak bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, termasuk kelalaian pengguna. Apa yang menyebabkan kompor gas meledak? Salah satu penyebab ledakan kompor gas yaitu bocornya selang gas dan regulator.

Ada bahaya ledakan jika gas berada di dalam ruangan untuk waktu yang lama. Berikut beberapa tanda tanda kompor gas akan meledak yang harus diwaspadai untuk mengantisipasinya.

Gascompsuperlock Home

4 Tanda Tanda Kompor Gas Akan Meledak

1. Tercium Bau Gas

Tanda tanda kompor gas akan meledak yang paling umum yaitu tercium bau gas yang menyengat di area dapur rumah kamu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika ada gas di dalam ruangan untuk waktu yang lama, maka dapat menyebabkan ledakan apabila ada sumber api.

Oleh karena itu, jangan pernah menyalakan kompor jika bau gas belum hilang. Pastikan tidak terdapat kebocoran pada selang, regulator, dan bagian tabung gas.

2. Keluar Suara Mendesis

Tanda tanda kompor gas akan meledak selanjutnya yaitu adanya suara mendesis yang menandakan terdapat kebocoran gas. Bunyi mendesis juga bisa menjadi tanda selang gas bocor.

Jika kamu mendengar suara mendesis, pastikan kompor sudah dimatikan. Kemudian cabut regulator gas, buka semua jendela dan segera menjauh dari area tersebut.

Baca Juga : Ukuran Meja Makan 4 Kursi Yang Ideal

3. Nyala Api Tidak Biru

Nyala api biru akan muncul pada kompor gas yang berfungsi dengan baik. Jika nyala api menjadi merah atau kompor gas tidak menyala, berarti ada yang tidak beres pada kompor gas kamu.

Untuk mencegah kompor gas meledak, hubungi teknisi servis untuk pemeriksaan dan perbaikan sebagai tindakan pencegahan.

4. Gas Cepat Habis

Jangan anggap remeh jika gas di rumah kamu cepat habis, sedangkan kamu baru saja menggantinya. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kebocoran selang atau regulator dan bisa menyebabkan ledakan.

Sehingga kamu perlu berhati-hati jika gas kamu cepat habis, karena bisa jadi hal tersebut tanda tanda kompor gas akan meledak.

Gascompsuperlock Shopee

Tindakan Pencegahan Saat Kompor Gas Bocor

Setelah kamu mengetahui tanda tanda kompor gas akan meledak, terdapat beberapa tindakan pencegahan yang bisa kamu ikuti. Berikut penjelasannya.

  • Jika kamu melihat adanya kebocoran gas, bawa tabung gas keluar rumah.
  • Jika kompor kamu tiba-tiba terbakar, jangan panik! Padamkan api menggunakan kain basah. Namun, jika ada tanda tanda kompor gas akan meledak dan tidak dapat dipadamkan, segera keluar dan beri tahu orang lain.
  • Periksa kondisi kompor, selang gas, dan regulator secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran.
  • Jauhkan bahan yang mudah terbakar

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Kulkas Secara Alami

Demikian penjelasan tentang tanda tanda kompor gas akan meledak yang harus diwaspadai. Semoga artikel ini bermanfaat! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram