Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menghilangkan Bau Kulkas Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Kulkas Secara Alami – Apabila kamu membuka kulkas dan mencium bau yang enak, maka kulkas kamu baik-baik saja. Tetapi jika baunya aneh, mungkin saja kulkas kamu sudah waktunya untuk dibersihkan.

9 Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Bau yang tidak sedap pada kulkas menjadi tanda terdapatnya pembusukan atau tumpahan yang dapat menarik bakteri dan mempengaruhi makanan.

Bau kulkas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari bahan masakan yang membusuk, makanan yang berbau tajam seperti durian dan nangka, dan campuran bau makanan yang berbeda.

Selain itu, apabila kamu tidak membersihkan kulkas dengan benar dan teratur, maka baunya akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau kulkas, yuk simak apa saja yang menyebabkan kulkas kamu berbau.

  • Bau kulkas disebabkan oleh bakteri dan jamur, seringkali disebabkan oleh makanan busuk dan penumpukan kelembapan. Bagian dalam lemari es sebagian besar terbuat dari plastik, sehingga akan menyerap bau. Apabila lemari es tidak dibersihkan secara teratur, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Beberapa lemari es dilengkapi dengan penyaring udara untuk memurnikan sirkulasi udara dan penyaring air. Keduanya harus dibersihkan setiap enam bulan sekali.

Pada artikel ini, Gascomp akan memperkenalkan beberapa cara menghilangkan bau kulkas secara alami untuk mencegah kontaminasi makanan dan bau yang tidak sedap.

Gascompsuperlock Home

1. Kopi Bubuk

Biji kopi dianggap sebagai salah satu penyerap bau yang paling umum digunakan pada lemari es. Kopi bubuk merupakan bahan yang tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau kulkas, tetapi juga membantu menghilangkan bau daging busuk. Berikut cara menghilangkan bau kulkas yang terdapat pada daging busuk menggunakan kopi bubuk.

  • Letakkan kopi yang baru digiling secara merata di atas piring dan simpan di lemari es selama 24 jam.
  • Setelah didinginkan selama sehari, kopi bisa didaur ulang sebagai pupuk untuk tanaman rumah. Campur saja dengan tanah dan pupuk siap digunakan.

Apabila memungkinkan, bersihkan lemari es secara menyeluruh untuk menghilangkan bau dan bakteri yang mungkin menumpuk dari daging yang membusuk.

2. Kantong Teh Bekas

Tahukah kamu bahwa kantong teh juga bisa membantu untuk menghilangkan bau yang tidak sedap? Berikut beberapa cara menghilangkan bau kulkas menggunakan kantong teh bekas.

  • Tempatkan kantong teh bekas ke dalam wadah terbuka atau mangkuk kecil dan letakkan di kulkas.
  • Daun teh menyerap bau yang tidak sedap dan meninggalkan aroma yang menyegarkan di kulkas. Ganti kantong teh setiap 3-4 hari untuk memastikan pengendalian bau yang maksimal.

3. Baking Soda

Soda kue telah lama dikenal sebagai penghilang bau alami yang efektif untuk lemari es. Letakkan baking soda dalam wadah terbuka untuk menghilangkan bau kulkas selama 24 jam.

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial juga akan membantu menghilangkan bau yang tidak sedap dan membuat kulkas kamu tetap harum.

Baca Juga : Tanda Tanda Kompor Gas Akan Meledak, Waspada!

4. Lemon (dengan baking soda, dan garam)

Menggabungkan ketiga metode ini juga merupakan cara menghilangkan bau kulkas sekaligus memberi aroma segar pada kulkas.

Cukup ikuti petunjuk sederhana ini:

  • Potong lemon setebal 2-3 cm.
  • Tambahkan 2-3 sendok makan soda kue dan garam ke dalam lemon.
  • Tempatkan lemon di atas piring datar dan terbuka
  • Piring dapat disimpan di kulkas sampai 6 hari. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa jam untuk membuat kulkas kamu menjadi segar.

5. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya digunakan sebagai bahan penghilang bau kulkas, tetapi juga bagus untuk membersihkan rumah secara umum karena kemampuannya menyerap bau, minyak, dan cairan secara efektif.

Cara menghilangkan bau kulkas dengan oatmeal adalah dengan mengisi wadah terbuka menggunakan oatmeal dan menyimpannya di lemari es.

6. Ekstrak Vanila

Cara menghilangkan bau kulkas selanjutnya yaitu menggunakan ekstrak vanila. Basahi satu atau dua kapas menggunakan beberapa tetes ekstrak vanila. Masukkan kapas basah tersebut ke dalam mangkuk dan letakkan di bagian belakang lemari es.

Gascompsuperlock Lazada

7. Cuka

Tempatkan cuka di atas tisu kecil dan letakkan di mangkuk atau wadah terbuka. Biarkan dalam kulkas selama 24 jam untuk hasil yang diinginkan. Ganti tisu setiap beberapa hari atau kapan pun jika sudah kering.

8. Kentang

Cara menghilangkan bau kulkas berikutnya adalah menggunakan kentang. Kentang juga merupakan bahan penyerap bau yang baik. Kupas kentang, potong kecil-kecil, dan simpan di kulkas. Ganti setiap beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Arang

Arang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada kulkas. Cukup isi wadah terbuka dengan 2 cangkir kubus arang dan letakkan di belakang kulkas. Pastikan untuk memberi tahu anak kamu tentang aroma ini. Kalau tidak, anak kamu mungkin akan salah mengartikannya sebagai suguhan cokelat.

Baca Juga : Cara Menyimpan Tabung Gas yang Masih Ada Isinya, Jangan Dianggap Sepele!

Tips Menjaga Kulkas Tetap Harum

Melakukan pembersihan setiap 3-4 bulan. Buang bumbu yang sudah kadaluwarsa, sayuran layu, atau sisa makanan yang tidak bisa dimakan lagi. Bersihkan semua bagian-bagian kulkas dan keluarkan semua rak, cuci dengan air sabun, dan pasang kembali.

Untuk menjaga kebersihan kulkas, letakkan bahan makanan yang mudah rusak dan cepat busuk di bagian depan kulkas atau yang mudah dijangkau. Sedangkan untuk bahan makanan yang lebih tahan lama, kamu bisa meletakkannya di tempat lain. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menghabiskan makanan sebelum kadaluwarsa.

Itulah cara menghilangkan bau kulkas secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram