Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menyimpan Tabung Gas yang Masih Ada Isinya, Jangan Dianggap Sepele!

Cara Menyimpan Tabung Gas yang Masih Ada Isinya, Jangan Dianggap Sepele! – Penggunaan energi gas alam yang dikemas menggunakan tabung, saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap rumah.

Tentunya terdapat beberapa cara yang harus diketahui demi keamanaan saat menggunakan bahan bakar jenis ini. Salah satunya adalah cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya di rumah.

Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi dapat berakibat fatal bagi pemilik rumah apabila tidak ditangani dengan hati-hati.

Jika kamu tidak mengetahui cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya dengan baik, maka hal tersebut bisa menyebabkan tabung gas tersebut meledak dan melukai siapa saja yang berada di dekatnya.

Lantas bagaimana cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya dengan benar dan aman? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

7 Cara Menyimpan Tabung Gas yang Masih Ada Isinya

1. Penempatan Kompor dan Tabung Gas

Kamu harus memastikan penyimpanan yang aman serta mempertimbangkan penempatan kompor dan tabung gas. Tentunya hal ini harus diperhatikan karena kamu menjadikan bahan bakar gas sebagai kebutuhan untuk memasak di rumah.

Mungkin terlihat seperti hal yang biasa saja, tetapi penempatan kompor dan tabung gas bisa menyebabkan ledakan di dalam rumah. Oleh karena itu, saat menyimpan tabung gas yang masih ada isinya harus diperhatikan.

Selain itu, pemilik rumah juga seringkali pergi dalam waktu yang lama dan biasanya memilih untuk mencabut regulator gas demi merasa aman ketika ditinggalkan.

Gascompsuperlock Home

Namun banyak orang yang belum mengetahui cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya meskipun regulatornya dicabut. Tabung gas biasanya diletakkan begitu saja pada tempatnya.

Padahal tindakan tersebut bisa menimbulkan bahaya, apalagi jika masih ada gas di dalam tabung yang sewaktu-waktu bisa meledak.

Cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya yaitu dengan menyimpannya di tempat yang sejuk. Tabung gas biasanya disimpan di bawah kolong dapur, tidak jauh dari kompor gas.

Simpan di tempat yang sejuk dan kering apabila sudah tidak digunakan. Jika menyimpan tabung gas di luar ruangan, jangan simpan di dekat tanaman yang mudah terbakar atau rerumputan kering. Selain itu, terdapat jarak minimal 3 meter dari tempat penyimpanan tabung LPG.

2. Ventilasi Udara

Berikutnya, cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya adalah ditempatkan atau disimpan pada area berventilasi dengan udara yang baik. Tidak disarankan untuk menyimpan tabung gas dalam keadaan tertutup atau tanpa ventilasi.

Menyimpan tabung gas pada area dengan ventilasi yang buruk sangat berbahaya apabila terjadi akumulasi kebocoran gas. Oleh karena itu, hindari menyimpan gas yang masih ada isinya di ruang bawah tanah.

3. Letakkan Tabung Gas Dengan Tegak

Menempatkan tabung gas secara tegak merupakan salah satu cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya dengan baik dan benar.

Saat menyimpan tabung gas yang masih ada isinya, simpan tabung gas dengan tegak atau simpan di tempat yang tidak mudah jatuh.

Langkah ini diperlukan untuk mencegah agar tabung gas tidak terguling atau rusak. Tetapi jika tabung gas tersebut rusak atau terluka, maka dapat menyebabkan kebocoran gas.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Kulkas Secara Alami

4. Jauhkan dari Benda Mudah Terbakar

Cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya supaya aman dan nyaman yaitu dengan menjauhkan tabung gas dari benda dan area yang mudah terbakar.

Jangan letakkan tabung gas yang masih ada isinya di dekat meteran listrik atau peralatan listrik yang ada di rumah.

Disarankan untuk menyimpan tabung gas di area terbuka serta jauh dari percikan api dan benda yang menimbulkan percikan api. Simpan juga tabung gas di tempat yang suhunya stabil atau suhunya tidak mengalami kenaikan.

5. Jauhkan dari Sinar Matahari

Cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya selanjutnya adalah dengan menjauhkan tabung gas dari paparan sinar matahari langsung.

Gascompsuperlock Tokopedia

6. Tutup Katup Tabung Gas

Penyebab ledakan gas biasanya diakibatkan dari kebocoran, namun mengantisipasi sejak awal harus menjadi prioritas. Tabung gas yang meledak juga bisa diakibatkan oleh kerusakan komponen seperti regulator atau valve.

Untuk mencegah masuknya benda asing saat tidak digunakan, kamu bisa menutup katup atau valve. Benda yang masuk dapat memengaruhi regulator jika menggunakannya kembali. Namun, tabung gas boleh dibiarkan terbuka selama katupnya tidak bocor atau rusak.

7. Pisahkan Tabung Gas Kosong

Menyimpan tabung gas kosong secara terpisah adalah langkah mengantisipasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk memastikan keamanan, tabung gas yang penuh dan kosong harus disimpan secara terpisah di tempat yang aman.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi di Dandang, Dipercaya Lebih Enak!

Kesimpulan dari artikel ini, tabung gas sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan aman dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Itulah cara menyimpan tabung gas yang masih ada isinya, semoga bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram