Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memasak Nasi di Dandang, Dipercaya Lebih Enak!

Cara Memasak Nasi di Dandang, Dipercaya Lebih Enak! – Walaupun saat ini sudah tersedia rice cooker yang bisa memasak nasi dengan mudah, namun masih banyak orang yang lebih memilih memasak nasi dengan cara lama yaitu menggunakan dandang.

Meskipun cara memasak nasi di dandang terdengar merepotkan, namun sebenarnya memasak nasi menggunakan dandang jauh lebih sehat daripada memasak nasi dengan rice cooker.

Selain itu, memasak nasi menggunakan dandang juga tidak menggunakan listrik seperti rice cooker. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat listrik.

10 Cara Memasak Nasi di Dandang

Berikut beberapa cara memasak nasi di dandang yang bisa kamu ikuti dibawah ini. Yuk simak apa saja.

  1. Cuci beras terlebih dahulu hingga bersih.
  2. Masukkan beras ke dalam panci yang akan kamu pakai untuk memasak nasi.
  3. Tuang air ke dalam panci yang sudah diisi beras. Sesuaikan jumlah air dengan jumlah beras yang kamu isi. Namun pastikan ketinggian air setelah merendam beras tidak melebihi bagian tengah ruas jari tengah.
  4. Masak nasi hingga air mengering. Hati-hati jangan sampai nasi terlalu kering, karena akan menyebabkan nasi menjadi hangus.
  5. Angkat dari kompor dan pisahkan. Cara ini merupakan langkah awal untuk memasak nasi agak mentah. Lanjut ke langkah berikutnya yaitu mengukus nasi.
  6. Isi panci dengan air hingga batas yang ditentukan.
  7. Masukkan alas panci.
  8. Masukkan nasi yang sudah dimasak sebelumnya ke dalam panci dandang.
  9. Masak kembali nasi yang ada di dalam panci dandang.
  10. Diamkan hingga nasi benar-benar matang sempurna.

Gascompsuperlock Home

Keunggulan Memasak Nasi Menggunakan Dandang

Sekilas terlihat jelas bahwa memasak nasi dengan dandang mempunyai keunggulan dibandingkan memasak nasi dengan rice cooker. Berikut beberapa keunggulannya yang perlu kamu ketahui.

1. Lebih Sehat

Memasak nasi menggunakan dandang lebih menyehatkan daripada memasak nasi dengan rice cooker. Alasannya karena nasi mengandung gula yang sangat tinggi.

Kelebihan gula dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan beberapa penyakit lainnya.

Apabila kamu memasak nasi menggunakan dandang, kandungan gula yang terdapat pada nasi bisa menjadi luntur. Hal ini tentu berbeda jika kamu memasak nasi dengan rice cooker, yang tentunya masih terdapat kandungan gula pada nasi tersebut.

Oleh karena itu, memasak nasi dengan dandang adalah salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Cara Menyimpan Tabung Gas yang Masih Ada Isinya, Jangan Dianggap Sepele!

2. Rasa Nasi Menjadi Lebih Nikmat

Memasak nasi menggunakan dandang akan membuat nasi menjadi lebih nikmat. Berbeda dengan nasi yang dimasak pakai rice cooker, rasa dan aromanya biasa-biasa saja.

Oleh karena itu, tidak heran kebanyakan orang masih membiasakan memasak nasi dengan dandang. Namun, panci jenis dandang ini sudah jarang ditemukan.

Gascompsuperlock Shopee

3. Lebih Hemat

Jika kamu memasak nasi dengan rice cooker, maka akan membutuhkan listrik untuk menyalakannya. Terlebih lagi konsumsi daya listrik yang digunakan lumayan besar.

Oleh karena itu, tidak heran jika tagihan listrik bulanan akan meningkat setelah menggunakan rice cooker untuk memasak nasi.

Lain halnya apabila kamu memasak nasi menggunakan dandang yang tidak membutuhkan listrik sama sekali. Kamu bisa memasak nasi hanya dengan api kompor atau kayu bakar.

Baca Juga : Tips Membangun Dapur Di Belakang Rumah dan Desainnya

Setelah kamu mengetahui keunggulan dan cara memasak nasi di dandang, kamu mungkin tertarik ingin mencobanya. Semoga tutorial yang dijelaskan dalam artikel ini akan membantu kamu dalam memasak nasi di dandang. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram