Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memperbaiki Kompor Portable Yang Tidak Mau Menyala, Yuk Ketahui!

Cara Memperbaiki Kompor Portable Yang Tidak Mau Menyala, Yuk Ketahui! – Dalam kehidupan ini kita tidak pernah lepas dari yang namanya makanan. Setiap hari, kita membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Beberapa makanan seperti buah, bisa langsung dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Namun yang paling kita butuhkan yaitu makanan yang biasanya melalui proses memasak terlebih dahulu, seperti daging, ikan, dan sayuran.

Makanan tersebut tidak bisa dimakan mentah karena mengandung bakteri dan mikroorganisme yang bisa mempengaruhi kesehatan kamu.

Terdapat banyak cara untuk memasak makanan dengan sempurna yaitu menggunakan pemanas berhahan api atau menggunakan pemanas dari listrik.

Metode tradisional yang sering kita temukan di pedesaan yaitu memasak menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu. Cara ini paling banyak digunakan di pedesaan karena bahan bakarnya mudah didapat dan paling murah.

Gascompsuperlock Home

Pilihan lainnya adalah kompor gas. Metode memasak ini paling umum digunakan di daerah perkotaan. Setiap rumah di perkotaan tentunya membutuhkan kompor gas sebagai alat memasak.

Kompor portabel merupakan turunan kompor gas LPG yang paling umum digunakan. Kompor portabel menggunakan bahan bakar yang sama dengan kompor gas biasa, perbedaan kompor portabel dengan kompor gas biasa yaitu mudah dipindahkan dan dibawa kemana saja.

Ukurannya yang kecil dan simpel membuat kompor ini menjadi alat yang wajib dibawa untuk berkemah. Jika kamu membawa peralatan masak seperti kompor gas portabel, kamu bisa memasak tanpa perlu mencari kayu bakar di hutan.

Kayu bakar di hutan memanglah banyak, namun pada musim hujan kayu tersebut akan menjadi basah sehingga sulit untuk menyalakan kayu bakar.

3 Cara Memperbaiki Kompor Portable Yang Tidak Mau Menyala

Walaupun kompor portable merupakan sebuah alat yang simpel, namun yang namanya “alat”, tentunya terdapat eror atau trouble. Masalah umum pada kompor portable adalah tuasnya yang tidak dapat mengunci.

Jika kamu kesulitan menggunakan kompor portable untuk memasak, jangan memaksakan untuk menekan tuasnya. Walaupun tuas diturunkan dan gas bisa keluar, tetapi kuncinya tidak sempurna.

Dalam situasi seperti itu, jika tuas tidak terkunci dengan benar, gas akan bocor dan menyebabkan kebakaran yang sangat berbahaya. Berikut beberapa cara memperbaiki kompor portable yang tidak mau menyala.

Baca Juga : Tips Membangun Dapur Di Belakang Rumah dan Desainnya

1. Periksa Isi Gas Portable

Cara memperbaiki kompor portable yang tidak mau menyala, kamu bisa cek terlebih dahulu isi gas portabel. Apabila isi gasnya habis, kamu dapat mengisi ulang gas portabel di tempat pengisian gas portabel terdekat.

Sebetulnya tidak disarankan untuk mengisi ulang tabung gas portabel karena untuk menghindari kerusakan pada tabung gas, seperti tabung menjadi berkarat atau berlubang dan lain-lain, yang dapat menyebabkan kebocoran atau ledakan yang mengancam keselamatan.

2. Periksa Pemantik Kompor

Kemungkinan juga masalah pemantik kompor portable yang sudah tidak perfungsi. Kamu dapat memperbaiki masalahnya sendiri atau menghubungi reparasi kompor portabel terdekat. Jika kamu dapat memperbaikinya sendiri, kamu dapat membeli pemantik di marketplace.

Gascompsuperlock Tokopedia

3. Periksa Pengunci Tabung Gas

Periksa apakah tuas benar-benar terkunci. Jika pengunci tidak terkunci sepenuhnya, maka gas biasanya tidak akan keluar dari tungku.

Apa yang harus di lakukan jika kompor portable sulit dikunci atau di lock? Apabila kompor sulit dikunci, buka tutup tabung gas, lihat ke dalam (bagian mesin) dan perhatikan katupnya.

Saat memasukkan tabung gas, katup gas akan menjadi mengeras / menonjol, hal tersebut yang menjadi penyebab tuas gas tidak dapat terkunci atau kompor sulit di lock.

Kompor portable dirancang sedemikian rupa, sehingga ketika tabung gas dimasukkan dan tuasnya ditekan, maka katup akan mengeras karena adanya dorongan gas dari tabung gas portabel.

Dalam praktiknya, katup tersebut akan tertutup ketika tuas pengunci di tekan, tetapi tekanan gas mungkin terlalu tinggi, sehingga tuas pengunci tidak bisa menekan katup dan membuatnya tidak mengunci dengan sempurna.

Untuk mengunci tuas kompor portabel secara sempurna, kamu perlu mengganjalnya dengan batu, kayu, besi, atau benda lain yang bisa menahan katup supaya bisa di tekan dengan tuas saat tuas pengunci ditekan.

Baca Juga : Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Supaya Terlihat Menarik

Itulah beberapa cara memperbaiki kompor portable yang tidak mau menyala. Semoga membantu. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram