Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Peluang Usaha Seblak

Peluang Usaha Seblak, Modal dan Keuntungannya!

Peluang Usaha Seblak, Modal dan Keuntungannya! – Lidah masyarakat Indonesia sangat cocok dengan olahan masakan yang memiliki rasa legit, kental dan punya ciri khas perpaduan bumbu rempah-rempah.

Oleh karena itu, makanan ini sangat dicari oleh banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tertarik dengan jajanan yang satu ini.

Seblak dikenal karena memiliki rasa yang pedas dan gurih, masakan khas daerah Bandung Jawa Barat juga sudah menjadi usaha franchise kekinian.

Makanan ini terdiri dari berbagai macam bahan seperti kerupuk lembek, telur, makaroni, sosis, suwiran daging, tulang ayam, bakso aci, mie, sayuran, dan lain sebagainya.

Bumbu yang digunakan sangat beragam sehingga jajanan seblak memiliki ciri khas tersendiri. Karena harganya yang terjangkau dan disajikan dalam porsi yang banyak, menjadikan makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Mengingat saat ini seblak menjadi salah satu makanan kekinian Indonesia, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha seblak. Berikut peluang usaha seblak yang perlu kamu ketahui.

Peluang Usaha Seblak Kekinian

Sebenarnya bisnis ini sudah tersebar dan terkenal di seluruh Indonesia, namun masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa peluang usaha seblak sangat menjanjikan. Oleh karena itu, yuk simak apa saja potensinya.

1. Modal Minim

Jika kamu memiliki modal yang sedikit, tentunya kamu merasa bingung memikirkan jenis bisnis apa yang ingin kamu jalankan sesuai modal yang kamu punya.

Salah satu bisnis kuliner dengan modal kecil adalah menjalankan usaha seblak. Kamu bisa mulai berjualan seblak hanya dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Menariknya, peluang usaha seblak ini sangat cepat mengembalikan modal karena memiliki minat pasar yang masih tinggi.

Gascompsuperlock Home

2. Bahan Baku Murah dan Mudah

Peluang usaha seblak selanjutnya adalah bahan baku yang murah dan mudah. Bahan baku membuat seblak sangat mudah didapatkan di pasar tradisional.

Bahan-bahan yang digunakan antara lain kerupuk kanji mentah, telur ayam, daun bawang, seledri, garam, penyedap rasa, kecap, cabai rawit. bawang merah, bawang putih dan kencur. Walaupun cara membuat seblak terbilang mudah, usahakan untuk menjaga kualitas dan kesegaran bahan baku.

3. Target Pasar Yang Besar

Seblak merupakan makanan yang memiliki cita rasa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, sehingga pangsa pasar dari usaha seblak sangat besar dan luas.

Apalagi jika kamu membuat inovasi seperti menambahkan topping mozzarella, daging asap, dan lain sebagainya. Dengan begitu, peluang usaha seblak semakin menjanjikan karena disukai oleh selera generasi Z.

4. Pemasaran Mudah

Peluang usaha seblak berikutnya adalah memiliki cara pemasaran yang mudah. Strategi marketing dari usaha seblak sangatlah mudah untuk diterapkan, kamu bisa menggunakan sosial media untuk mempromosikan usaha yang sedang kamu jalankan.

Kamu hanya perlu membuat gambar dan foto produk semenarik mungkin, dan tawarkan diskon produk dengan nilai minimum pemesanan untuk mendorong lebih banyak pembeli dan ingin mencoba seblak buatan kamu. Agar lebih menarik, desainlah tempat kamu berjualan dengan dekorasi kekinian.

5. Pembuatan Mudah

Selain bahan bakunya yang murah, cara pembuatan seblak juga sangat mudah. Berikut langkah-langkah sederhana untuk membuat seblak:

  • Pertama, kerupuk kanji direndam terlebih dahulu didalam air panas, kemudian biarkan hingga mengembang, selanjutnya tiriskan. Taburkan sedikit minyak goreng di atasnya supaya kerupuk tidak saling menempel.
  • Kedua, haluskan atau tumbuk bumbu, lalu tumis sampai harum, kemudian masukkan irisan daun seledri dan daun bawang, aduk sampai merata.
  • Ketiga, masukkan kerupuk yang sudah empuk dan aneka topping lainnya ke dalam wajan beserta bumbu tumisnya. Selanjutnya tambahkan telur kocok dan aduk.
  • Keempat, jika air sudah sedikit berkurang, tambahkan air lagi (sedikit), garam dan penyedap rasa. Aduk sampai air menguap, kemudian tambahkan kecap dan lanjutkan sampai air menguap.
  • Terakhir, sajikan dalam mangkuk selagi masih panas dan nikmatilah.

Baca Juga : 11 Lowongan Kerja Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Menjalankan Usaha Seblak

Setelah kamu memahami peluang usaha seblak dan cara membuatnya, selanjutnya kamu perlu mengetahui beberapa tips untuk menjalankan usaha seblak.

1. Menentukan Tempat Berjualan

Jika kamu memiliki modal yang sedikit, kamu tetap bisa menjalankan usaha seblak dengan menjualnya dari rumah. Alasannya karena usaha seblak tidak membutuhkan dana tambahan untuk sewa tempat apabila kamu menjualnya dari rumah.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan kualitas bahan serta pelayanan yang lebih maksimal. Ubah halaman depan rumah kamu menjadi tempat makan untuk pelanggan yang ingin makan langsung di tempat.

Dengan demikian, penduduk sekitar rumah pun akan mencicipi lezatnya sajian seblak buatan kamu. Bukan tidak mungkin jika usaha seblak yang kamu jalankan bisa berkembang asalkan kualitas dan rasanya tetap terjaga.

2. Melakukan Inovasi

Agar usaha seblak yang kamu jalankan bisa bertahan lama, disarankan untuk selalu melakukan inovasi dalam pembuatan seblak. Seblak biasanya terdiri dari kerupuk basah menggunakan topping dan bumbu kencur.

Dengan eksperimen kecil, mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat pelanggan semakin penasaran untuk mencoba berbagai macam varian seblak. Tambahkan topping kekinian seperti keju parut, cincangan daging asap, ayam suwir, seafood, jamur shirataki dan lain sebagainya.

3. Sediakan Jasa Pesan Antar

Cara lain untuk memaksimalkan target konsumen adalah dengan menawarkan layanan pengiriman. Layanan ini sangat berguna bagi pelanggan, karena pelanggan hanya memesan secara online, dan penjual mengirimkan pesanannya melalui pihak ketiga.

Gascompsuperlock Tokopedia

4. Strategi Frozen Food

Setelah sukses menjalankan usaha, jangan lupa untuk mengembangkannya agar lebih dikenal oleh masyarakat. Kamu bisa mulai dengan mempersiapkan seblak frozen food atau siap saji yang bisa dengan mudah dipanaskan dan disajikan di rumah oleh pelanggan.

5. Perhitungkan Modal

Menjalankan sebuah bisnis kuliner, tentunya kamu membutuhkan modal awal untuk membeli peralatan dan bahan baku. Berikut rincian modal awal yang perlu kamu ketahui sebelum menjalankan usaha seblak.

Investasi

  • Paket Gascomp seperti (kompor gas, selang gas, dan regulator gas) Rp 1.000.000
  • Gerobak Rp 1.500.000
  • Blender Rp 100.000
  • Panci Rp 120.000
  • Wajan Rp 150.000
  • Pengaduk, Pisau Rp 80.000
  • Piring, Sendok, Gelas Rp 50.000
  • Meja, Kursi Rp 200.000
  • Peralatan tambahan Rp 200.000

Jumlah Investasi Rp 3.400.000

Biaya Operasional Per Bulan

  • Kerupuk kanji (Rp 10.000 x 30 hari) = Rp 300.000
  • Bakso, sosis, frozen food (Rp 15.000 x 30 hari) = Rp 450.000
  • Bahan dan bumbu (Rp 10.000 x 30 hari) = Rp 300.000
  • Kantong plastik (Rp 3.000 x 30 hari) = Rp 90.000
  • Sewa tempat Rp 500.000
  • Restribusi Rp 50.000

Jumlah Biaya Operasional Per Bulan Rp 1.690.000

Baca Juga : 10 Usaha Gerobakan Yang Menjanjikan

Pendapatan per bulan usaha seblak

  • Penjualan rata-rata = 30 porsi x Rp 8.000 x 30 hari = Rp 7.200.000
  • Keuntungan per bulan = Rp 7.200.000 – Rp 1.690.000 = Rp 5.510.000

Itulah peluang usaha seblak dan rincian modal yang perlu kamu persiapkan. Semoga membantu! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram